#

119 program Bupati & Wabup Lutim akan Dimasukkan ke RPJMD

Rabu, 20 April 2016 | 09:59 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Citizen Reporter

Makassar,GoSulsel.com – Sebanyak 119 janji program bupati dan wakil bupati Lutim terpilih, Muh Thorig Husler-Irwan Bachri Syam. Program ini akan dimasukkan ke dalam draft Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Lutim.

“Keseluruhan janji program itu, sedianya sudah diperhadapkan ke pihak DPRD Lutim, dalam awal bulan Mei mendatang,” kata Kepala Bappeda Lutim Muh. Zabur, saat dihubungi via telepon, Selasa (19/4/2016).

Ia mengatakan, draft RPJMD nantinya akan dibicarakan dengan pihak DPRD, terutama menimbang kemampuan anggaran daerah dalam merealisasikan setiap program ajuan. Setelah kesepahaman antara pihak pemerintah daerah (pemda) dan DPRD didapatkan, draft tersebut baru dapat dibawa ke pemerintah provinsi, sebelum dilanjutkan ke tingkat pusat.

“Nantinya, itu akan ada MoU antara pihak Pemda dan DPRD, menyangkut misalnya, apakah dengan kemampuan dan potensi keuangan daerah, kita benar-benar bisa membiayai seluruh item yang dimasukkan. Karena, memang kesulitan terbesar semua daerah dalam penyusunan RPJMD, itu selalu terkait dengan anggaran,” sebutnya.

Hingga sejauh ini, tandasnya, tim pakar dan penyusun RPJMD telah menyelesaikan tujuh bab pembahasan dari 10 bab draft RPJMD. Dari resume visi, misi, dan program prioritas bupati dan wakil bupati Lutim terpilih, batang tubuh RPJMD setidaknya akan terdiri dari 8 misi, 17 tujuan dan 119 program atau kegiatan prioritas. Berdasarkan amanat undang-undang, draft RPJMD ini telah menjadi Peraturan Daerah (Perda) RPJMD dalam bulan Agustus mendatang.

Halaman: