Balaikota Makassar.
#

Pengamat: Tak Ada Relasi Kinerja Pejabat dengan Pemakaman

Jumat, 22 April 2016 | 17:25 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, Gosulsel.com – Rencana Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto melantik beberapa kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Tempat Pemakaman Umum (TPU) dipertanyakan beberapa pihak. Pelantikan dan tempat prosesnya dinilai tak memiliki korelasi yang tepat.

Ketua Jurusan Ilmu Pemerintahan Unismuh, Andi Luhur Prianto mengatakan pejabat yang dilantik hanya mendapat tekanan mental, intimidasi, dan ketakutan. Seharusnya, pelantikan dilakukan di tempat-tempat yang menginspirasi.

“Seperti di kantor-kantor tua yang melahirkan pemimpin legendaris dan berjasa untuk perbaikan tata pemerintahan. Tidak ada relasi yang khas antara tempat pelantikan dengan kinerja pejabat, apalagi di pemakaman,” kata Luhur.

Lebih jauh, dirinya menegaskan yang bisa memperbaiki kinerja aparatur adalah sistem, pengawasan, penghargaan dan keteladanan pemimpin puncak. Hal inilah yang harus dilakukan oleh Walikota Makassar bersama Wakilnya.

Hal yang sama diungkapkan oleh Arief Wicaksono, dosen Unibos 45. Menurutnya tidak ada implikasinya terhadap kinerja pejabat dengan tempat pelantikannya.

Halaman: