Warga Kampung Bakke Soppeng Temukan ‘Ratu Padi’ di Sawah

Sabtu, 23 April 2016 | 15:50 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Yusuf Muhammad - Go Cakrawala

Soppeng, Gosulsel.com – Warga Kampung Bakke, Desa Ganra, Kecamatan Ganra, tepatnya berada di perbatasan Desa bakke dengan Desa Enrekang digegerkan dengan penemuan Datu Ase atau biasanya disebut Ratu Padi di salah satu lahan persawahan padi milik seorang petani, Rosida. Datu Ase merupakan satu rumpun yang berisi bermacam-macam varietas didalamnya.

Masyarakat setempat percaya Datu Ase sebagai penguasa dari ranah bawah tanah dan juga bulan yang juga merupakan pengatur dari kehidupan, kekayaan, dan kemakmuran. Datu Ase itu pun disambut gembira warga setempat lantaran dipercaya dapat memberikan kesuburan tanah pada penanaman padi.

“Saya dapat bisikan kalau di sawah saya ada Datu Ase. Saya bersama warga langsung menuju ke sawah saya untuk melihatnya. Dan, betul ada,” kata Rosida, saat ditemui di rumahnya, Sabtu (23/4/2016).

Sebagian warga mengenakan baju tokko yang merupakan pakaian adat suku bugis. Dewi Padi itu pun dipotong dan dibawa ke rumah Rosida. Kediaman Rosida sontak ramai dikunjungi warga untuk melihat Datu Ase.

Keberadaan Datu Ase tersebut disambut penuh kebahagiaan para petani karena dipercaya dapat meningkatkan hasil produksi padi. Kepala Desa Enrekang, Asdar mengatakan adanya Datu Ase dipercaya warga khususnya petani sebagai berkah karena akan berdampak positif pada hasil padi.

Halaman: