ilustrasi

3008 Dos Soal UN Siap Didistribusi di Wilayah Sulsel

Minggu, 24 April 2016 | 15:24 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar,GoSulsel.com – Seluruh naskah Ujian Nasional (UN) untuk jenjang SMP sederajat sudah tiba di Pelabuhan Makassar. Naskah dibawa ke Makassar menggunakan empat kontainer dalam 3008 dos ini disiap didistribusikan.

“Naskah tersebut akan disimpan di Gudang Parampa, Daya, sebelum didistribusikan ke seluruh kabupaten/kota,” Ketua Panitia UN Salam Soba, ketika dihubungi via ponsel, Minggu (24/4/2016).

Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel itu, seluruh naskah akan mulai didistribusikan pada tanggal 28 April mendatang berdasarkan remote area. Artinya, distribusi naskah akan diprioritaskan ke daerah terpencil terlebih dahulu. Daerah yang masuk remote area diantaranya Selayar, Pangkajene Kepulauan (Pangkep) yang memiliki banyak pulau terpencil, dan Luwu Utara.

Untuk menghindari terjadi kebocoran soal, kata Salam, pengamanan akan lebih diperketat lagi. Dia mengaku pihaknya tak mau kecolongan lagi seperti insiden yang terjadi saat distribusi UN tingkat SMA berlangsung dimana ada salah satu kepala sekolah membocorkan lembar jawaban ke siswa.

Tahun ini, sebanyak 163 ribu peserta dari 2.526 SMP/sederajat akan mengikuti UN tahun ajaran ini. Sebanyak 18 sekolah yang tersebar di beberapa kabupaten/kota rencananya akan menggelar UN secara online berbasis komputer.(*)


BACA JUGA