#

Belajar Kelola Limbah Air &Tinja, Wawalikota Makassar Belajar di Filipina

Rabu, 27 April 2016 | 17:40 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Citizen Reporter

Makassar,GoSulsel.com – Wakil Walikota Makassar, Syamsu Risal MI didampingi Kepala Dinas PU Muh Ansar serta kepala Bagian Humas Firman Pagarra melakukan kunjungan ke negara Filipina, 25 – 27 April 2016.

Kunjungan ke negara itu, dalam hal pengolahan limbah air dan lumpur tinja. Kunjungan yang merupakan undangan dari USAid Amerika Serikat. Selain dari kota Makassar, rombongan Indonesia terdiri dari beberapa daerah lain seperti Kota Bekasi, Balikpapan, Tabanan, Malang, Gresik dan Jakarta.

Dalam kesempatan itu, Syamsu Risal beserta rombongan melakukan kunjungan ke berbagai instalasi pengelolaan limbah air dan lumpur tinja di wilayah di negara Filipina. Kunjungan pertama dilakukan di wilayah Manila pada proyek Maynilad Water Service, Inc (MWSI) yang telah mendapat berbagai bantuan teknis (TA) pembiayaan dari Bank Dunia.

MWSI Project 7 dikenal dengan nama “Veterans water Reclamation Facility” yang dijadikan sebagai prototipe kombinasi antara Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dan Instalasi Pengolahan Lumput Tinja (IPLT) yang berlokasi di St.Anthony Village tepat di pusat kota Quezon Metro Manila.

“Sistem yang telah dikembangkan di sini telah terintegrasi antara IPAL dan IPLT dalam satu wilayah. Kita dapat melihat di tempat ini proses pengelolan limbahnya mampu mengolah 2403 /hari lumpur tinja dan 2400 m3/hari air limbah dengan sistem yang canggih. Hal ini bisa menjadi percontohan guna diterapkan di Makassar”, ujar Wakil Walikota Syamsu Risal.

Halaman: