Pispi: Minat Generasi Muda Bekerja di Sektor Pertanian Kurang

Kamis, 28 April 2016 | 10:33 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar,GoSulsel.com – Ketua Perhimpunan Sarjana Pertanian Indonesia (Pipsi) Sulsel, Suardi Bakri mengatakan saat ini dengan jumlah penduduk 254,9 juta orang, kebutuhan beras sangatlah tinggi. Bahkan komoditi beras bisa menjadi komoditi politik.

“Sulawesi Selatan merupakan salah satu lumbung beras dengan produksi lebih dari 5 juta ton dan surplus sekitar 2,3 juta ton. Suplus ini kemudian disuplai ke 21 provinsi di Indonesia,”kata Bakri di acara Seminar Nasional Perberasan di Baruga Lappo Ase Bulog, Kamis (28/4/2016).

Saat ini, terdapat sekitar 14 juta rumah tangga yang bekerja di sektor pertanian dengan luas lahan hanya sekitar 1,9 hektar. Hasil sensus pertanian 2013, hanya 3,3 juta rumah tangga yang berusia di bawah 34 tahun bekerja di sektor pertanian.

“Sementara itu 20 juta rumah tangga berusia diatas 34 tahun. Ini menunjukkan bahwa generasi muda kurang tertarik akan profesi pertanian,” ucap Suardi.

Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang menambahkan salah satu penopang utama perekonomian di Sulsel berasal dari sektor pertanian.

Halaman: