Logo Pemprov Sulsel
Logo Pemprov Sulsel

Naskah UN Disimpan di Polsek, Kasek Dilarang Pegang Soal

Jumat, 29 April 2016 | 16:31 Wita - Editor: Iin Nurfahraeni - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar,GoSulsel.com –  Naskah Ujian Nasional (UN) untuk tingkat SMP/sederajat mulai didistribusikan sejak Kamis, 28 April lalu. Distribusi tahap awal diprioritaskan pada remote area, atau daerah terjauh dan yang memiliki pulau-pulau terpencil seperti Selayar, Pangkep, dan Luwu Utara.

Sekertaris Disdik Sulsel, Salam Soba, mengakui untuk remote area, distribusi sudah tuntas dilaksanakan. Selanjutnya, distribusi dilanjutkan ke daerah lain. Kemarin, naskah UN didistribusikan ke Kabupaten Toraja. Sementara hari ini, naskah akan dibawa ke daerah Luwu dan sekitarnya.

Untuk mengantisipasi, terjadinya kebocoran soal, Salam menjelaskan pihaknya telah mewanti –wanti aparat yang menjaga untuk memperketat pengawalan. Dia juga menginstruksikan agar sebelum ujian, naskah ujian tidak dibawa ke sekolah.

“Harus diamankan di polsek-polsek setempat. Nanti pada hari H pelaksanaan ujian baru bisa diambil,” tegas Salam Jumat (29/4/2016).

Dia juga mewanti-wanti agar tidak ada lagi kepala sekolah yang memegang naskah UN sebelum ujian selesai digelar. Itu untuk mengantisipasi terjadinya kebocoran yang dilakukan oleh kepala sekolah seperti terjadi saat pelaksanaan UN SMA/Sederajat.

Halaman: