#

Aset APBD PDAM Gowa Jadi Fokus Kunjungan DPRD Kota Batu

Selasa, 13 Maret 2018 | 16:37 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa, Gosulsel.com — Kunjungan Kerja Pansus III DPRD Kota Batu yang dipimpin langsung Wakil Ketua DPRD Kota Batu Nurochman, dimaksudkan untuk mengetahui Ranperda tentang penyertaan Modal pada PDAM Gowa, berlangsung di Ruang Paripurna, Kantor DPRD Gowa, Selasa (13/3/2018).

Kunjungan kerja ini dihadiri oleh Direktur PDAM Tirta Jeneberang, Hasanuddin Kamal.

Saat ditemui, Hasanuddin mengatakan, dipilihnya Gowa sebagai referensi karena mengingat PDAM Gowa pernah melakukan penyusunan terhadap peraturan daerah menyangkut aset APBD yang dikelola oleh PDAM.

“Naah dalam pertemuan tadi saya hanya menjelaskan kalau PDAM Gowa baru bisa melayani kurang lebih 35 persen Masyarakat Gowa,” jelas Hasanuddin Kamal.

Tak hanya itu, Dirut PDAM Gowa ini juga membeberkan didepan Anggota DPRD Kota Batu bahwa tahun ini dirinya menarget sebanyak 1.500 sambungan gratis untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

“Berpenghasilan rendah itu ada indikatornya, rumahnya biasa-biasa dengan type 36, listriknya maksumal 1.300 watt, dan memang penghasilannya tidak tinggi,” beber Hasanuddin Kamal.

Lanjutnya, melihat kondisi rendahnya cakupan pelayanan itu maka Pemerintah Daerah Gowa tidak pernah memberikan target PAD berat kepada PDAM Gowa.

“Saya cuma ditargetkan 150 juta, padahal saya juga dikasih bantuan setiap tahun untuk membangun wilayah yang lebih besar. Utamanya cakupan di dataran rendah,” jelasnya.

Untuk menjangkau lebih banyak wilayah didaerah pelosok agar bisa menikmati air bersih, Hasanuddin mengatakan beberapa petugasnya sudah diturunkan untuk mengajari masyarakat bagaimana memanfaatkan aset yang dibangun pemerintah daerah di wilayahnya.

Tags:

BACA JUGA