Jelang Peringatan Hari TB, Dinkes Gandeng PKK Gowa Sosialisasi & Edukasi Tuberculosis

Jumat, 23 Maret 2018 | 11:26 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa, Gosulsel.com – Memperingati Hari TB sedunia pada 24 Maret ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) gandeng PKK Gowa Sosialisasi dan edukasi Penyakit Tuberculosis (TB). Kegiatan ini berlangsung di Baruga Karaeng Pattingalloang, kantor bupati, Jumat (23/3/2018).

“Penyakit ini cukup berbahaya sehingga, harus segera ditangani dengan cara diobati. Ini pentingan mengedukasi masyarakat agar mengetahui pentingan pengobatan dan pencegahan,”kata Wasor P2K Dinas Kesehatan Hendra Dini, saat sosialisasi. 

Hendra mengatakan, bahaya penularan penyakit TB masih sangat minim diketahui oleh masyarakat, mengingat, TB merupakan satu dari tiga penyakit menular berbahaya yakni, HIV dan AIDS. 

“Makanya harus dioptimalkan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat dengan cara ‘Ketuk Pintu’ yakni, sosialisasi  door to door atau rumah ke rumah. Dilakukan tes ke warga,”katanya.

Ketua TP PKK Gowa, Priska Paramita Adnan berharap untuk mencegah penyakit ini secara bersama-sama. 

“Ini bukan hanya bisa ditangani oleh Puskesmas saja atau dokter tapi seluruh masyarakat harus saling bahu-membahu dalam mengatasi dan mengurangi penyakit menular ini, semoga 2030 kita bebas dari TB atau tidak adanya pasien baru yang ditemukan,”kata Duta TB Gowa ini.(*)


BACA JUGA