Bank Indonesia Adakan Kuliah Umum di STIM Nitro, Ini Dibahas

Minggu, 25 Maret 2018 | 02:31 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

Makassar,Gosulsel.com – Bank Indonesia (BI) melaksanakan kuliah umum di Kampus STIM Nitro Makassar, Jl Prof Abdurrahman Basalamah,Sabtu (24/3/2018). Kuliah umum Bertema “Perkembangan dan Perbankan di Indonesia”. Kuliah umum ini dihadiri oleh mahasiswa Pasca Sarjana STIM Nitro,  dipandu oleh Direktur Pasca Sarjana STIM Nitro Makassar Dr. Kasnaeny Karim, SE.MSi.

Dosen STIM Nitro, Rosnaini Daga menyebutkan pemateri dari Bank Indonesia, Dwiyatpoetra S. Besar, PhD yang merupakan Kepala Group Advisory dan Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia, dalam materinya menyampaikan tugas pokok Bank Indonesia diantaranya adalah menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter, melakukan pengawasan dan pengaturan makroprudential serta mengatur dan menjaga kelancaran sistem perbankan.

Mikroprudential lebih mengarah kepada analisis Perkembangan Individu Lembaga dan Makroprudential lebih mengarah kepada analisis sistem keuangan secara keseluruhan sebagai kumpulan dari Individu Lembaga Keuangan.

Selain itu menurut Dwiyatpoetra,  langkah-langkah yang dilakukan Bank Indonesia dalam mendukung perekonomian di Sulawesi Selatan adalah meningkatkan Kapasitas UMKM, dengan cara melakukan Koordinasi dan kerjasama Kelembagaan.

“STIM Nitro sebagai Kampus yang Konsen pada Keuangan dan Perbankan, banyak melakukan kegiatan-kegiatan yang belerjasama dengan Bank-bank dan Lembaga Keuangan lainnya, ini kami lakukan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan pemahaman Mahasiswa, Dosen dan Staf tentang Keuangan dan Perbankan,” jelas Rosnaini.(*)


BACA JUGA