Bersama PLN, PGN & IKA UNM Gelar Seminar Nasional

Sabtu, 31 Maret 2018 | 14:58 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

Gowa, Gosulsel.com – Ikatan Alumni (IKA) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar seminar nasional bertajuk “optimalisasi pemanfaatan energi baru terbarukan untuk masa depan ketahanan energi nasional”. Acara ini dihelat di Aula Udiklat PLN Kecamatan Somba Opu, Gowa, Sabtu (31/3/2018).

Ketua Panitia Seminar Nasional, Affandi Ismail mengatakan bahwa Kegiatan seminar nasional ini merupakan kegiatan awal yang dilakukan oleh IKA UNM, selain mempererat silaturahmi, juga memberikan pengatahuan kepada Alumni dan Masyarakat Provinsi Sulsel tentang Energi Nasional.

“Kebetulan Ketua IKA (UNM) kita ini Anggota Komisi VII, yang membidangi ESDM, jadi acara ini sebagai acara silaturahmi antar Alumni UNM juga menambah wawasan terkait energi,” ucap Affandi Ismail,

Sementara itu, Ketua IKA UNM, Andi Jamaro Dulung (AJD), mengatakan bahwa pembahasan yang dilaksanakan hari ini memberikan pemahaman kepada Masyarakat tentang energi punya peran dan menjadi kebutuhan dasar dalam pembangunan ekonomi dan sosial yang berkelanjutan.

“Energi harus digunakan secara hemat, rasional dan bijaksana agar kebutuhan energi pada masa sekarang dan yang akan datang dapat terpenuhi,” ujar AJD

Menurut AJD, ketergantungan masyarakat Indonesia terhadap energi minyak bumi mengakibatkan roda ekonomi terganggu, data dari Kementerian ESDM sebanyak 12.659 Desa/Kelurahan atau sekira 15,40 persen tidak ada pengguna listrik PLN,

Diantaranya sebanyak 2519 Desa belum menikmati akses terhadap energi listrik, 31.387 Desa/Kelurahan tidak ada penerangan di jalan utama Desa/Kelurahan, dan 12.636 dari 80.337 Desa/Kelurahan yang sarana Transportasi Darat tidak dapat dilalui kendaraan bermotor, roda 4 atau lebih sepanjang tahun.

“Perlu adanya solusi konkrit terkait permasalahan di Desa/Kelurahan, Indonesia sesugguhnya memiliki modal dasar yang kuat untuk menjamin ketahan energi dalam jangka waktu yang panjang,” jelas AJD.(*)