Seorang pengunjung di Taman Purbakala Sumpang Bita, Pangkep

Telusuri Jejak Prasejarah di Taman Purbakala Sumpang Bita

Jumat, 08 Maret 2019 | 22:22 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Nurfadillah Amir - Gosulsel.com

PANGKEP, GOSULSEL.COM — Kabupaten Pangkajene Kepulauan atau dikenal dengan nama Kabupaten Pangkep, merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan.

Selain memiliki keindahan alam yang eksotis, kabupaten ini juga memiliki situs purbakala yang menyimpan sejarah masyarakat prasejarah Indonesia, tepatnya di Taman Purbakala Sumpang Bita.

Kompleks gua Sumpang Bita terletak di Desa Sumpang Bita, Kecamatan Balocci, Kabupaten Pangkajene. Untuk mencapai lokasi ini dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Taman Purbakala Sumpang Bita, Pangkep/INT

Di taman purbakala tersebut, terdapat sebuah gua yang di dalamnya ditemukan lukisan manusia purba. Dalam kompleks Taman Purbakala Sumpang Bita ini, juga terdapat dua buah gua yang memiliki peninggalan manusia purba yaitu gua Sumpang Bita dan gua Bulu Sumi.

Terdapat dua rumah yang dapat digunakan bagi pengunjung yang ingin mengadakan kegiatan di tempat ini.

Salah seorang pengunjung, Nur Asadia mengatakan, tidak ada salahnya mengunjungi taman purbakala ini. Tidak akan ada rasa bosan jika berada di tempat itu. 

“Saya sangat senang di sini, cantik sekali dan tidak ada bosannya deh,” ungkapnya kepada Gosulsel.com, Jumat (8/3/2019).

Ia mengatakan bahwa taman purbakala ini sangat pas untuk orang-orang yang suka travelling. Apalagi bagi mereka pemburu foto berlatar pemandangan alam.

“Banyak skali stok fotoku. Pokoknya puas sekali ka’. Kalau orang yang suka jalan-jalan harus ke sini,” tuturnya.(*)


BACA JUGA