Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Kominfo Makassar, Ichwan Jakob

Jelang Pemilu 2019, Diskominfo Makassar Sebut 300 Konten Hoax Sedang Diteliti Pusat

Sabtu, 16 Maret 2019 | 20:31 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Dila Bahar - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM –Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kementerian Kominfo) sementara mengidentifikasi 300 konten hoax terkait Pemilu 2019.

Hal ini diungkapkan, Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Kominfo Makassar, Ichwan Jakob saat ditanya mengenai persiapan Diskominfo dalam menangkal hoax menjelang Pemilu 2019.

“Jadi ada 300 konten yang sudah sampai dikaji oleh Kementerian Kominfo untuk diteliti dengan baik, apakah konten ini berada di kota Makassar, berapa banyak yang berbau SARA ataupun politik yang menyesatkan masyarakat,” jelas Ichwan, Sabtu (16/3/2019).

Dalam waktu dekat, Diskominfo Makassar akan segera merilis jumlah konten hoax yang perlu diberi tindakan lebih lanjut, seperti pemblokiran.

“Kalau satgas cyber crime-nya bilang konten ini harus diblokir ya langsung diblokir di kementerian. Jadi ini tergantung dari hasil penelitian Satgas,” tambahnya.

“Pemblokiran tersebut dilakukan setelah ada laporan dari masyarakat. Setelah itu dikonsultasikan lalu dilakukan cyber patroli,” pungkasnya.(*)


BACA JUGA