Penyerahan piagam penghargaan dan plakat oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah (NA) kepada Wakil Bupati Gowa, H. Abd Rauf Malaganni Kr Kio pada acara seminar dalam rangka memperingati Hari Oeang (Hori) ke-73, di Aula Balai Diklat Kementerian Keuangan Makassar lantai 3, Selasa (29/10/2019)

Pemkab Kembali Raih Penghargaan Dari Kemenkeu RI, Wabup Gowa: Ini Berkat Kerja Keras Kita

Selasa, 29 Oktober 2019 | 19:29 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Pemerintah Kabupaten Gowa kembali mendapatkan apresiasi dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia (RI) yang telah berhasil mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2018.

Apresiasi tersebut diberikan dalam bentuk piagam penghargaan dan plakat yang diserahkan oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah (NA) bersama Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Prov Sulsel, Anugrah Komara kepada Wakil Bupati Gowa, H. Abd Rauf Malaganni Kr Kio pada acara seminar dalam rangka memperingati Hari Oeang (Hori) ke-73, di Aula Balai Diklat Kementerian Keuangan Makassar lantai 3, Selasa (29/10/2019).

pt-vale-indonesia

Penghargaan tersebut diberikan kepada pemerintah daerah yang berhasil menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2019 dengan Opini Wajar Tanpa Pengecualian dan penghargaan berupa plakat yang diberikan kepada Pemerintah Daerah yang berhasil mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Lima (5) Tahun berturut-turut dalam menyajikan dan menyusun Laporan Keuangan Pemerintah Daerah.

Abd Rauf mengatakan bahwa, penghargaan tersebut merupakan penghargaan kedua kalinya yang telah diberikan Kementerian Keuangan RI setelah pada tahun 2016 tepat WTP yang ke-5 kita juga mendapatkan apresiasi tersebut.

Menurutnya penghargaan tersebut tidak terlepas dari kerja keras tim seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk menciptakan sistem pemerintahan yang baik dan transparansi dalam mengelola keuangan daerah.

“Ini merupakan hasil kerja tim seluruh SKPD yang dikoordinasi bersama pimpinan. Semoga penghargaan yang diraih hari ini tidak membuat kita terlena malah kita harus lebih meningkatkan lagi kinerja kita dalam menyajikan dan menyusun laporan keuangan daerah yang baik dan transparan,” ujar Wabup Gowa.

Sementara NA dalam sambutannya mengatakan, kegiatan tersebut adalah kegiatan yang sangat berharga sekali, karena melalui ajang tersebut kdapat berkoordinasi dan berkolaborasi baik dari pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten/kota.

 “Saya menyampaikan rasa bangga dan senang karena pemerintah Prov Sulsel dan beberapa Kabupaten/Kota di Sulsel telah berhasil mendapatkan penghargaan dari Kemenkeu RI atas hasil Laporan Keuangan Pemerintah Daerah dengan Opini WTP,” ujarnya.

Menurut NA, pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) bukan perkara muda apalagi postur anggaran yang terbatas.

“Kami melihat provinsi ini merupakan perwakilan pemerintah pusat. Tidak ada gubernur yang hebat, yang hebat itu para bupati dan walikota, karena memang kita ini hanya perpanjangan tangan pusat. Tentu kita ini menjadi suporting bagi seluruh daerah tinggal. Sekarang bagaimana strategi memperbaiki sistem kolaborasi.” tambah Gubernur Sulsel

Sekadar diketahui, selain Gowa penghargaan juga diberikan kepada 19 Kabupaten/kota di Sulsel, yakni Kabupaten Maros, Pangkep, Enrekang, Barru, Toraja Utara, Soppeng, Luwu Utara, Sidrap, Bone, Luwu, Makassar, Sinjai, Palopo, Pinrang, Bantaeng, Selayar, Bulukumba, Luwu Timur dan Wajo.(*)