Rektor UIM, Dr Ir Hj A Majdah M Zain saat memberikan sambutan dalam Rapat Senat Terbuka Luar Biasa Penyambutan dan Penerimaan Mahasiswa Baru di Auditorium KH Muhyiddin Zain, Kamis (1/10/2020)

Peminat Meningkat, UIM Gelar Penyambutan Virtual untuk 1.013 Maba

Kamis, 01 Oktober 2020 | 15:17 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Universitas Islam Makassar (UIM) menggelar Rapat Senat Terbuka Luar Biasa Penyambutan dan Penerimaan Mahasiswa Baru. Bertempat di Auditorium KH Muhyiddin Zain, Kamis (1/10/2020).

Tahun ini, Kampus Qurani Kampus Aswaja ini menerima 1.013 mahasiswa baru (Maba). Meski berlangsung di tengah pandemi Covid-19, namun kegiatan tersebut berlangsung lancar

“Dampak Covid-19 juga dirasakan oleh UIM, sebagaimana juga dialami seluruh kampus di Indonesia dan internasional,” jelas Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UIM, Dr H Nurdin Tajry SH, MH

Dari data panitia mengungkapkan, peminat di UIM untuk program strata satu (S-1) tahun akademik 2020-2021 meningkat 33 persen, yakni 1.715 orang calon maba.

Namun dengan adanya dampak Covid-19 calon maba yang melalukan pendaftaran ulang memutuskan melanjutkan pendidikan 1.013 orang. Dibandingkan dengan Tahun Akademik 1999-2020 jumlah mahasiswa baru sebanyak 1.274 orang.

“Terpuruknya ekonomi rumah tangga akibat Covid-19 sehingga banyak dari keluarga Indonesia yang mengurungkan niat untuk melanjutkan pendidikan bagi anaknya,” lanjut Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UIM ini.

Sementara, dalam sambutannya, Rektor UIM, Dr Ir Hj A Majdah M Zain, menjelaskan, meski dengan situasi yang terbatas seperti saat ini, UIM terus meningkatkan kualitasnya. Baik di bidang pengajaran, penelitian, pengabdian masyarakat dan prestasi di bidang kemahasiswaan. 

Dari Pusat Prestasi Nasional Mahasiswa Kemendikbud RI menunjukan prestasi mahasiswa UIM membanggakan secara nasional. Terbaru, mahasiswa UIM merupakan satu-satunya universitas yang mewakili dari LLDIKTI Wilayah IX  untuk kompetisi Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM). 

Sebelumnya, mahasiswa dari Fakultas Agama Islam Juara satu lomba tahfidz Al Quran pada MTQ ke XXXI tingkat Sulawesi Selatan (Sulsel). Dan juara satu lomba poster Ikatan Teknik Industri Indonesia.

“Meskipun dengan situasi dan ruang gerak terbatas prestasi mahasiswa UIM tetap memberikan hasil yang membanggakan. Serta menjadi bagian peningkatan pemeringkatan UIM di bidang prestasi mahasiswa,” ujar Majdah.

Hadir dalam Rapat Senat tersebut, Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) IX, Prof Dr Jasruddin M MSi. Kemudian hadir Ketua Yayasan Al Gazali UIM dan Mantan Rektor UIM, Prof Arief dan Prof Zainuddin Taha.

Wakil Ketua Yayasan Al Gazali UIMDr Muamar Bakry Lc mengatakan ada integrasi keilmuan agama dan keilmuan umum. Yang merupakan keunggulan UIM dibanding perguruan tinggi lain.

“Maka memungkinkan akan hadir pakar berbagai bidang dengan pemahaman Islam yang baik dari UIM,” jelasnya.(*)