Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin saat mengunjungi Kantor Kecamatan Tamalate, Selasa (03/11/2020).

Pemkot Terbitkan Perwali 57, RT/RW Kini Dapat Insentif Rp 1 Juta Tiap Bulan

Selasa, 03 November 2020 | 21:59 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar kini memberikan insentif tetap senilai Rp 1 Juta setiap bulan kepada seluruh RT/RW. Hal ini menyusul diterbitkannya Peraturan Wali Kota Makassar (Perwali) Nomor 57 Tahun 2020 tentang penetapan insentif RT/RW kota Makassar yang diteken oleh Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin.

Rudy menyampaikan bahwa RT/RW akan mendapatkan insentif tetap tanpa menggunakan sejumlah indikator kinerja sebagai syarat. Sehingga, mereka bisa leluasa melaksanakan tugasnya tanpa terbebani apapun.

pt-vale-indonesia

“RT/RW itu ujung tombak terdepan pemerintah dalam memberi pelayanan langsung kepada masyarakat. Itu bukan pekerjaan mudah, tidak semua orang bisa melaksanakan tugas-tugas mereka. Makanya kita tidak ingin membebaninya lagi dengan berbagai indikator penilaian bermacam-macam yang membuat insentifnya harus di potong,” jelas Rudy saat pemantauan kinerja di Kantor Kecamatan Rappocini, Selasa (03/11/2020).

“Makanya aturan lama sudah saya cabut diganti dengan yang baru. Saat ini, seluruh RT/RW kita berikan insentif 1 juta rupiah perbulan secara tetap tanpa lagi harus menggunakan sejumlah indikator sebagai syarat,” sambungnya.

Dalam kesempatan tersebut, Rudy menyampaikan apresiasi atas kinerja seluruh aparat kecamatan dan kelurahan di lingkup Kecamatan Rappocini. Ini menyusul status kecamatan Rappocini yang berhasil menekan laju penyebaran Covid-19.

“Rappocini dulu kawasan episentrum Covid-19 nomor satu di Makassar. Namun Alhamdulillah berkat kerja keras semua elemen, kini angka tersebut berhasil ditekan hingga ke nomor urut enam,” jelasnya.

“Kerja-kerja seluruh pihak, termasuk aparat kecamatan dan kelurahan dalam memberi edukasi dan pengawasan terkait penerapan protokol kesehatan telah memberi hasil yang menggembirakan. Itu sangat kita apresiasi,” lanjut Rudy.

Selain berdialog dengan seluruh aparat kecamatan, Rudy juga memantau seluruh aktifitas pelayanan publik di kantor kecamatan. Mulai dari layanan pengurusan administrasi kependudukan, layanan kebersihan, serta layanan lainnya.

Selain mendatangi kantor Kecamatan Rappocini, Rudy juga melakukan kunjungan yang sama di Kantor Kecamatan Tamalate. Di tempat ini, ia juga melakukan dialog dengan aparat kecamatan dan kelurahan, termasuk memantau aktifitas layanan publik di tempat tersebut.

Sejumlah pejabat terlihat hadir mendampingi Rudy. Diantaranya, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub), Mario Said, Kepala Inspektorat Kota Makassar, Zainal Ibrahim, Camat Rappocini, Andi Asminullah, Camat Tamalate, Hasan Sulaiman, serta sejumlah pejabat lainnya. (*)


BACA JUGA