Service motor Honda di dealer Astra Motor Sulsel/Ist

Agar Tidak Ketipu, Ini Bedanya Sparepart Orisinal dan KW untuk Motor Honda

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 18:20 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Sparepart atau suku cadang motor Honda sangat mudah dijumpai di pasaran saat ini. Jenisnya pun beragam.

Kendati demikian, sparepart tiruan atau yang sering disebut KW juga begitu marak. Pengguna motor Honda diminta untuk lebih jeli mengenalinya agar menghindari penipuan.

pt-vale-indonesia

Sparepart KW biasanya dijual murah demi lebih mudah menjangkau konsumen. Tetapi kualitasnya masih jauh dari yang orisinal.

Supervisor Part Division Astra Motor (Asmo) Sulsel, Reno Andrean menyebut baik sparepart orisinal atau KW mudah dikenali. Ada beberapa perbedaan mencolok yang bisa dilihat.

“Hologram logo HGP (Honda Genuine Parts) dan AHM (Astra Honda Motor), kalau palsu hologram saja. Ada QR code asli juga, jadi kalau di-scan keluar produk gitu di webnya,” sebut Reno, Sabtu (16/10/2021).

“Kemasan berwarna merah, dilabel atau sudah ada kode barangnya. Terus cetakan secara fisik untuk sparepart asli itu lebih rapi dari yang palsu,” sambungnya.

Bila membeli sparepart KW, kata Reno, justru merugikan para pendengara motor Honda. Sebab, harga murah yang ditawarkan belum tentu kualitasnya terjamin.

“Resiko kecelakaan lebih besar, dari segi umur pakai lebih cepat rusak dan dapat mempengaruhi komponen lainnya, dan biaya perawatannya nanti lebih mahal karena komponen yang diganti lebih banyak,” jelas Reno.

Untuk itu, Reno menghimbau agar para pengendara motor Honda lebih teliti lagi dalam membeli sparepart. Yang orisinal bisa dijumpai di bengkel resmi Honda yang sudah tersebar di seluruh jaringan dealer Astra Motor Sulsel.

“Mending beli asli tapi tahan lama, daripada beli KW dipakai sebentar rusak lagi,” tutup Reno.(*)


BACA JUGA