Organisasi Pemuda Gowa Dilatih Manfaatkan Medsos Sebagai Media Informasi Ke Masyarakat

Sabtu, 13 November 2021 | 11:45 Wita - Editor: Dilla Bahar -

GOWA, GOSULSEL.COM–Puluhan perwakilan organisasi pemuda dan admin media sosial di empat kecamatan yang tersebar di Kabupaten Gowa dilatih manfaatkan media sosial (medsos) sebagai media untuk menyebar luaskan informasi ke masyarakat.

Hal ini diungkapkan Kepala Seksi Pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat DiskominfoSP Gowa, Vivianty yang juga ketua panitia pelaksana Sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kabupaten Gowa Tahun 2021 di Baruga Karaeng Pattingalloang, Kantor Bupati Gowa, Jum’at (12/11).

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas SDM KIM sebagai mitra pemerintah dalam menyebarluaskan informasi ke masyarakat melalui pemanfaatan teknologi, informasi dan komunikasi salah satunya melalui media sosial,” ungkapnya.

Ia mengaku, pelaksanaan seperti ini sangat penting dilakukan, terlebih memliki dasar pelaksanaan yang tercantum dalam peraturan Menteri Komunikasi Informatika. Menurutnya KIM memiliki peran yang starategis dalam menyebarkan informasi ke masyarakat khususnya mengenai pembangunan di Kabupaten Gowa agar sampai ke masyarakat. 

Sementara Sekretaris Dinas Kominfo SP Gowa, Muh Irwan Ispar mengatakan KIM merupakan mitra pemerintah dalam menyebarluaskan atau mensosialisasikan informasi pembangunan terhadap masyarakat, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) juga sebagai mediator komunikasi informasi pembangunan secara timbal balik dan berkesinambungan serta menjadi forum media untuk pelayanan komunikasi dan informasi pemerintah

“KIM ini dijalankan untuk mewujudkan masyarakat yang aktif dan peka akan informasi media komunikasi dengan menghubungkan satu kelompok masyarakat dengan kelompok lainnya agar bisa saling memberdayakan salah satunya dalam mengumpulkan, mengelola, dan menyebarkan informasi,” katanya.

Ia berharap dengan dilakukannya sosialisasi ini dan diikuti oleh puluhan organisasi pemuda dapat meningkatkan kesadarannya dan ikut serta membantu pemerintah dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat.

“Kita berharap keikutsertaan peserta hari ini bukan hanya didasari oleh kewajiban tetapi benar-benar membekali diri dalam memberikan informasi yang benar dan akurat kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Gowa,” harapnya.

Pada sosialisasi ini seluruh peserta dibekali dengan dua materi sekaligus yakni tentang peran pentingnya kelompok informasi masyarakat oleh Baco Tang Harim dan strategi pemanfaatan dan pengelolaan media sosial oleh Muhammad Iswar Ramadhan dari Dinas KominfoSP Provinsi Sulawesi Selatan.(*)


BACA JUGA