Bupati Adnan Minta PKK Gowa Terus Bantu Pemerintah Tingkatkan Vaksinasi

Kamis, 18 November 2021 | 22:15 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM-Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan meminta Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa sebagai mitra pemerintah untuk bersinergi dalam mempercepat capaian vaksinasi. Hal ini diungkapkan saat dirinya menghadiri Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-49 Tingkat Kabupaten Gowa di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Kamis (18/11/2021).

Ia mengatakan pandemi Covid-19 masih melanda Indonesia khususnya Kabupaten Gowa sehingga percepatan vaksinasi harus dilakukan untuk mencapai target kekebalan tubuh atau herd immunity 70 persen.

“Saya berharap PKK bisa bersinergi dengan pemerintah daerah dalam mensinkronisasikan seluruh program yang ada salah satunya terus bersama pemerintah mendorong percepatan vaksinasi karena kita masih dalam kondisi pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Ia mengaku saat ini capaian vaksinasi.Gowa masih diangka 41 persen selain dipengaruhi jumlah penduduk yang besar juga karena proses penginputan dalam aplikasi yang sempat terjadi kekeliruan.

“Kita sekarang berada di angka 41 persen dan telah dikatakan oleh Pak Gubernur ada perubahan sistem aplikasi yang dimana harus diinput satu persatu,” jelasnya.

Sementara Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan mengatakan saat ini Gerakan PKK semakin berkembang dengan program-programnya yang turut menjadi solusi permasalahan bangsa. Menurutnya sejak merebaknya pandemi Covid-19, kader PKK telah aktif melakukan berbagai langkah nyata.

“Sejak pandemi di tahun 2020, PKK berperan aktif melakukan edukasi protokol kesehatan dengan 3 M yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan serta 3 T testing, tracing dan treatment, pemberian makan bergizi bagi masyarakat terdampak Covid-19 serta gebrak masker yang dilakukan sejak awal pandemi,” jelasnya.

Tak hanya itu, beberapa waktu lalu PKK Gowa berhasil meraih juara pertama capaian tertinggi vaksinasi tingkat kabupaten/kota di Sulawesi Selatan dan sampai saat ini terus dilakukan di tingkat desa/kelurahan.

“Alhamdulillah kita terus melakukan vaksinasi massal di tingkat desa/kelurahan. Hal ini kita lakukan untuk segera bisa mencapai target kekebalan tubuh yaitu 70 persen masyarakat yang teevaksin,” tambah Priska.

Olehnya ia berharap, di momentum HKG ini yang mengangkat tema “Keluarga Pelopor Perubahan Menuju Indonesia Maju” dapat memberi makna bahwa PKK dalam hal ini hendaknya tahu, mau, dan mampu menjadi garda terdepan dalam mewujudkan keluarga berkualitas dalam segala aspek moral, pendidkan, kesehatan, sosial budaya, ekonomi dan lingkungan hidup.

“PKK bukan semata-mata untuk keluarga akan tetapi PKK adalah yang mampu menginspirasi keluarga indonesia melakukan perubahan menuju kehidupan masyarakat yang lebih baik sebagaimana tujuan pembangunan nasional,” harap Priska.

Pada peringatan ini turut dilakukan pemberian penghargaan Adhi Bhakti Pratama kepada Ketua I TP PKK Kabupaten Gowa, Hj Mussadiyah Rauf atas pengabdiannya selama 25 tahun tanpa henti pada PKK Kabupaten Gowa, dan kepada 19 orang pengurus PKK Kabupaten Gowa atas pengabdian 10 tahun yang diserahkan langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan didampingi Bupati Gowa sebagai Ketua Pembina TP PKK Kabupaten Gowa, Adnan Purichta Ichsan.

Selain penyerahan penghargaan tersebut, dilakukan pengumuman dan penyerahan penggargaan dan hadiah berbagai jenis lomba yang dilaksanakan TP PKK Gowa sebagai rangkaian HKG Ke-49 ini dan turut dihadiri Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni, para Pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Gowa dan berbagai kader PKK tingkat desa/kelurahan hingga kecamatan baik diikuti secari langsung ataupuĀ  melalui zoom meeting.(*)


BACA JUGA