Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Karalloe.

Habiskan Anggaran Rp1,27 Triliun, Bendungan Karalloe Diresmikan Jokowi

Selasa, 23 November 2021 | 15:14 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM–Bendungan Karalloe yang terletak di Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Gowa akhirnya diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, Selasa (23/11/2021).

“Alhamdulillah bendungan yang menghabiskan anggaran 1,27 Triliun bisa selesai dan diresmikan hari ini,” kata Jokowi dalam sambutannya yang dikutip melalui siaran YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi mengatakan, bendungan Karalloe ini akan mengaliri 7 ribu hektar lahan pertanian di Kabupaten Jeneponto.

Menurutnya, dengan lahan yang sangat luas ini diharapkan mampu meningkatkan pendapatan petani di Jeneponto.

“Dengan adanya bendungan, petani yang dulu panen hanya 1 kali bisa dua kali panen padi. Bisa meningkatkan pendapatan bagi petani,” tuturnya.

Selain meningkatkan pendapatan petani, kehadiran bendungan ini juga dapat mengurangi banjir di Kabupaten Jeneponto sebesar 49 persen.

“Tahun 2019 lalu terjadi banjir. Dengan adanya bendungan ini bisa dikurangi banji yang ada. Ini juga akan memberikan dampak yang baik dengan adanya air baku yang diperuntukkan bagi masyarakat,” imbuh Jokowi.

Setelah memberikan sambutan, Bendungan Karalloe akhirnya diresmikan ditandai dengan pemutaran roda pintu air oleh Joko Widodo.

Jokowi juga menandatangani prasasti serta melakukan peninjauan di area bendungan. Turut hadir dalam peresmian ini yakni para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Plt Sulsel, Bupati Gowa, Bupati Jeneponto dan tamu undangan. (*)


BACA JUGA