Personel Satlantas Kepolisian Resor (Polres) Takalar melakukan pengenalan rambu-rambu Lalu lintas kepada siswa Taman Kanak-kanak (TK) Kemala Bhayangkari Takalar di Mapolres Takalar, Kamis (26/01/2023)

Polisi Sahabat Anak, Cara Polres Takalar Tanamkan Disiplin Sejak Dini

Kamis, 26 Januari 2023 | 22:09 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

TAKALAR, GOSULSEL.COM — Polisi merupakan alat negara yang berperan dalam pemeliharaan keamanan dan ketertiban, menegakkan hukum serta memberi perlindungan dan pelayanan kepada masyarakat.

Namun, kehadirannya di tengah masyarakat sering digambarkan sebagai sosok yang galak, ditakuti, bahkan arogan.

Untuk mengubah pandangan tersebut, Polri senantiasa berusaha memperbaiki citranya. Salah satunya melalui pendekatan kepada anak.

Berbagai kegiatan Kepolisian untuk mendekatkan diri kepada masyarakat, khususnya anak-anak penting untuk dilakukan. Aktivitas tersebut, selain untuk mencitrakan Polisi yang bersahabat, juga menumbuhkan kesadaran hukum sedini mungkin.

Seperti yang dilakukan Kepolisian Resor (Polres) Takalar Polda Sulsel dalam hal ini Satuan Lalu lintas (Satlantas) terus menggencarkan kegiatan Polisi Sahabat Anak kepada siswa Taman Kanak-kanak (TK) Kemala Bhayangkari Takalar.

Kasatlantas Polres Takalar, AKP Syaharuddin mengatakan, Polisi Sahabat Anak ini memperkenalkan Polisi yang ramah dan bersahabat dilakukan dengan mengadakan berbagai kegiatan yang melibatkan murid-murid Taman Kanak-Kanak (TK).

Menurut Syaharuddin, kegiatan tersebut selain untuk menanamkan rasa bangga kepada Kepolisian, juga menanamkan kedisiplinan dan kesadaran hukum sejak dini.

“Program ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran hukum sejak dini. Paling utama, yakni menanamkan rasa bangga kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ucap Syaharuddin, Kamis (26/01/2023).

Dijelaskannya, program Polisi Sahabat Anak ini disampaikan melalui kegiatan yang menyenangkan. Antara lain, pengenalan rambu-rambu Lalu lintas, tertib berlalu lintas dengan mengenakan helm.

“Harapan kami, anak-anak juga bisa mengingatkan orang tuanya saat dibonceng motor ke sekolah untuk selalu mengenakan helm demi keselamatan,” pungkas Eks Kasat Lantas Polres Je’neponto itu. (*)