Suasana Event Beautiful Malino yang dilaksanakan beberapa tahun yang lalu

Event Beautiful Malino Bakal Digelar Tahun Ini, Berikut Jadwalnya

Senin, 30 Januari 2023 | 20:19 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Event Beautiful Malino bakal digelar kembali tahun ini setelah beberapa tahun terakhir tidak dilaksanakan.

Pelaksanaan event yang sangat diminati masyarakat Gowa itu dibenarkan oleh Kepala Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gowa, Andi Tenriwati Tahri.

“Pelaksanaan Beautiful Malino tahun ini akan kembali digelar. Pelaksanaannya direncanakan akan berlangsung pada 14 hingga 17 Juli 2023 mendatang,” ujarnya, Senin (30/01/2023).

“Waktunya ini sesuai dengan jadwal pelaksanaan Beautiful Malino di tahun-tahun sebelumnya,” sambungnya.

Menurut dia, beautiful Malino bisa digelar kembali setelah Kemenparekraf RI memasukkan event tersebut ke Kalender Event Nusantara (KEN) 2023.

“Dari 110 KEN di Indonesia, ada empat yang berhasil masuk di Sulawesi Selatan. Antara lain, Kabupaten Gowa yaitu Beautiful Malino, kemudian F8 di Kota Makassar, Toraja International Festival di Kabupaten Toraja dan Salo Karajae di Kota Parepare,” sebutnya.

Tenri Tahri menjelaskan bahwa sebelumnya seluruh event di Sulawesi Selatan dijaring oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan yang kemudian diusulkan ke pusat untuk diseleksi. Setelah itu, kabupaten dan kota mengirimkan video, agenda dan proposal hingga presentasi.

“Beautiful Malino dianggap bagus karena dilaksanakan secara terus menerus mulai 2017, walaupun sempat terhenti akibat Pandemi Covid-19. Daya tarik lain pagelaran musik seperti musik hutan karena dilakukan di Hutan Pinus dan kondisi alam Malino yang sejuk sehingga mungkin dipandang menarik untuk kunjungi,” jelasnya.

Dia menambahkan, dengan masuknya Beautiful Malino dalam KEN Kemenparekraf ini maka pelaksanaan Beautiful Malino akan mendapatkan dukungan dari Kemenparekraf RI secara langsung, salah satunya mempromosikan Event Beautiful Malino ke seluruh Indonesia.

“Kalau kita masuk dalam KEN berarti ada dukungan dari kementerian. Tapi kita belum tahu dukungannya nanti dalam bentuk apa,” ungkapnya.

Dia juga berharap ada dukungan dari seluruh SKPD lingkup Pemkab Gowa. Apalagi menurutnya Beautiful Malino sudah masuk level nasional, sehingga harus dipersiapkan dengan baik untuk menerima pengunjung dari seluruh Indonesia.(*)

Keterangan gambar: Ilustrasi event Beautiful Malino.


BACA JUGA