Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan

Kampung Rewako Bantu Tingkatkan Perekonomian Kabupaten Gowa

Kamis, 09 Februari 2023 | 18:43 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Inovasi pendirian Kampung Rewako di Kabupaten Gowa membantu meningkatkan perekonomian masyarakat. Khususnya saat pandemi Covid-19 mulai melanda Indonesia termasuk di Kabupaten Gowa.

Atas dasar tersebut, peningkatan produktivitas masyarakat terdampak sangat diperlukan untuk meningkatkan kapasitas ekonomi desa.

pt-vale-indonesia

Sehingga diterbitkanlah surat untuk meminta camat menunjuk satu desa/kelurahan sebagai Kampung Rewako untuk dimanfaatkan masyarakat sekitar. Salah satunya Kampung Rewako Jenetallasa yang kini menjadi destinasi wisata baru di Gowa.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan Inovasi Kampung Rewako Desa Jenetallasa ini dikerjasamakan dengan Pemdes melalui Bumdesa dan merekrut warga sekitar untuk diberdayakan sehingga ada penghasilan.

“Dengan hadirnya Kampung Rewako ini pengangguran kita berkurang karena merekrut tenaga kerja dari masyarakat sekitar desa dan meningkatkan jumlah rumah tangga yang menjajakan dagangannya di jalur yang dilalui pengunjung menuju lokasi Kampung Rewako,” katanya, Kamis (09/02/2023).

Adnan mengaku kehadiran Kampung Rewako di Kabupaten menghadirkan output, outcome dan impact bagi Kabupaten Gowa. Pasalnya inovasi mampu menunjang pertumbuhan ekonomi Gowa yang tumbuh positif 7,26 persen dan tingkat pengangguran terbuka turun ke 3,26 persen di tahun 2022 yang sebelumnya di angka 4,30 pada tahun 2021 lalu.

“Kampung Rewako ini menjadi destinasi wisata bagi masyarakat Gowa, bahkan Sulawesi Selatan karena didalamnya terdapat beberapa unit usaha yang mampu mendapatkan hingga ratusan juta setiap bulannya, dan telah direplikasi di 26 desa/kelurahan se-Kabupaten Gowa,” jelas Adnan.(*)


BACA JUGA