Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan saat menyampaikan presentasi terkait peningkatan produktivitas untuk transformasi melalui Kampung Rewako di Kantor Balitbangda Provinsi Sulsel, Rabu (08/02/2023)

Masuk 10 Besar, Kampung Rewako Gowa Lolos Tahap Kedua PPD 2023 

Kamis, 09 Februari 2023 | 19:29 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Kampung Rewako Kabupaten Gowa berhasil masuk 10 besar di Sulawesi Selatan.

Tak hanya itu, Kampung Rewako yang telah direplikasi di 26 desa dan kelurahan se-Kabupaten Gowa ini lolos ke tahap kedua pada Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2023, Kabupaten/ Kota Provinsi Sulsel. 

pt-vale-indonesia

Dengan keberhasilan itu, Pemerintah Kabupaten Gowa berkesempatan melakukan presentasi dan pendalaman diskusi di Kantor Balitbangda Provinsi Sulsel, Rabu (08/02/2023) kemarin. 

Presentasi dan pendalaman diskusi 
terkait peningkatan produktivitas untuk transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan sesuai tema Rencana Kinerja Pemerintah tahun 2023, yakni melalui Inovasi Kampung Rewako. 

Salah satu tim penilai, Agus Salim mengatakan PPD 2023 ini akan melalui beberapa tahap. Dimana tahap pertama pemeriksaan dokumen inovasi dengan bobot maksimal 45 persen, tahapan kedua sesi wawancara dan presentasi dengan bobot maksimal 55 persen. 

“Gowa masuk sebagai salah satu dari 10 kabupaten di Sulsel untuk dinilai kinerja dan inovasinya. Berdasarkan presentasinya tadi, sangat bagus karena dilengkapi mulai dengan proses, input, output, outcome dan impact sesuai dengan indikator penilaian inovasi dan beberapa masukan agar lebih baik lagi,” jelasnya. 

Adapun beberapa substansi penilaian PPD kata Agus Salim yakni mulai dari aspek pencapaian pembangunan, kualitas dokumen RKPD, proses penyusunan dokumen RKPD, dan inovasi dengan indikator yang dinilai mulai dari perencanaan, pencapaian, dan inovasi sesuai dengan tema RKP 2023 yaitu peningkatan produktivitas untuk transformasi ekonomi dan inklusif dan berkelanjutan. 

Pada presentasi ini Bupati Gowa turut didampingi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Gowa, Sujjadan dan jajaran. 

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dalam kesempatan itu mengatakan, kehadiran Kampung Rewako di Kabupaten menghadirkan output, outcome dan impact bagi Kabupaten Gowa. 

Pasalnya inovasi mampu menunjang pertumbuhan ekonomi Gowa yang tumbuh positif 7,26 persen dan tingkat pengangguran terbuka turun ke 3,26 persen di tahun 2022 yang sebelumnya di angka 4,30 persen pada tahun 2021 lalu. 

“Kampung Rewako ini menjadi destinasi wisata bagi masyarakat Gowa, bahkan Sulawesi Selatan karena didalamnya terdapat beberapa unit usaha yang mampu mendapatkan hingga ratusan juta setiap bulannya, dan telah direplikasi di 26 desa/ kelurahan se-Kabupaten Gowa,” jelas Adnan.(*)


BACA JUGA