KPU Gowa, Muchtar saat berkunjung ke Kantor Bupati Gowa.

Pilkada Gowa 2024, KPU Usul Anggaran Rp 75 M

Selasa, 28 Februari 2023 | 16:22 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM–Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 akan digelar serentak di seluruh Indonesia.

Menyusul pelaksanaan Pilkada 2024 itu, pihak KPU Kabupaten Gowa mengusulkan dana sebesar Rp 75 Miliar kepada Pemkab Gowa.

pt-vale-indonesia

Ketua KPU Kabupaten Gowa, Muhtar Muis mengatakan, anggaran Pilkada Gowa 2024 yang diusulkan sebesar Rp 75 Miliar.

Hanya saja kata dia, pengusulan anggaran tersebut belum dilakukan sharing.

“Tapi kan rencana Pilkada gabung dengan Pilgub akan ada sharing, cuma nilai sharingnya itu yang belum,” katanya Selasa (28/2/2023).

Dia menyebutkan bahwa anggaran yang diusulkan tersebut masuk dalam semua kebutuhan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Gowa 2024 mendatang.

“Kemarin baru komponennya yang sudah disepakati. Kalau Gowa, kurang lebih kebutuhan Pilkada yang di ACC Pemda diluar dana sharing itu Rp60 miliar yang ACC,” ujarnya.

Menurut dia, pada penganggaran Pikada 2024 nanti kurang lebih sama dengan Pilkada 2020 lalu, yaitu sebanyak Rp 60 miliar yang diberikan oleh Pemda Gowa.

“Tahun lalu banyak yang kita kembalikan, ada Rp7 miliar. Awalnya itu saya kembalikan 5 miliar, terus saya kembalikan lagi Rp7 miliar jadi sebenarnya itu Rp12 miliar yang dikasih kembali dari Rp60 miliar yang diberikan,” sebutnya.

Dia mengungkapkan, saat ini KPU Gowa masih menunggu dana sharing dari Provinsi Sulsel untuk langkah-langkah menyukseskan kontestasi pemilihan 2024 mendatang.

“Saat ini kita masih menunggu dana sharing. Kan ada pembiayaan bersama dana Provinsi untuk Pilkada,” tukasnya. (*)


BACA JUGA