Momentum Hardiknas, Wabup Gowa Harap Guru Lebih Berinovasi

Selasa, 02 Mei 2023 | 14:02 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM–Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang diperingati setiap tahunnya menjadi momentum untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang ada termasuk di Kabupaten Gowa.

Peringatan Hardiknas 2023 yang mengangkat tema Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar, ini semakin mempertegas pentingnya para pengajar untuk berinovasi dalam memberikan pembelajaran kepada murid atau siswanya.

pt-vale-indonesia

Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni mengungkapkan para guru saat ini harus lebih aktif dalam memberikan pelajaran terhadap siswanya. Terlebih saat ini Merdeka Belajar sedang gencar-gencarnya disemarakkan oleh Kemendikbud.

“Sekarang sudah ada merdeka belajar, sehingga para guru-guru harus berinovasi mengembangkan bakatnya untuk mengajarkan kepada siswa-siswanya,” ungkapnya.

Wabup Gowa yang bertindak sebagai inspektur Upacara ]peringatan Hardiknas Tingkat Kabupaten Gowa ini juga membacakan sambutan seragam Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, Nadiem Anwar Makarim.

Dalam sambutannya, ia mengatakan anak-anak sekarang bisa belajar dengan lebih tenang, karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri.

Dimana para kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya sekarang dapat menggunakan data Asesmen Nasional di Platform Rapor Pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan.

“Para guru sekarang berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya Platform Merdeka Mengajar. Selain itu, guru-guru yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya Kurikulum Merdeka,” katanya di Lapangan Upacara Kantor Bupati Gowa, Selasa (2/5/2023).

Dia berharap, semarak Hari Pendidikan Nasional ini akan meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, mendidik generasi pelajar pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan. (*)


BACA JUGA