Workshop penulisan dan penerbitan buku ajar ber-ISBN (International Standard Book Number) yang dirangkaikan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Kalla Institute dan Penerbit Andi, yang dilaksanakan hari ini, Kamis (11/05/2023)/

Kalla Institute dan Penerbit Andi Gelar Workshop Penulisan dan Penerbitan Buku Ajar Ber-ISBN

Kamis, 11 Mei 2023 | 22:44 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Institut Teknologi Dan Bisnis Kalla (Kalla Institute) dan Penerbit Andi, perusahaan swasta di bidang penerbitan dan percetakan buku, telah menjalin kemitraan strategis dalam workshop penulisan dan penerbitan buku ajar ber ISBN (International Standard Book Number). Acara itu juga ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua belah pihak.

Workshop yang diselenggarakan pada tanggal 11 Mei 2023 itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas penulisan dan penerbitan buku ajar di lingkungan Kalla Institute. Salah satu poin penting dalam MoU adalah penekanan bahwa buku-buku yang digunakan di Kalla Institute merupakan buku pegangan utama bagi mahasiswa.

Dalam sambutan pembuka, Andi Tenri Pada, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Kalla Institute, menyatakan pentingnya kerjasama ini dalam mewujudkan visi Kalla Institute sebagai perguruan tinggi unggul dalam bidang akademik, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

“Penerbit Andi, sebagai salah satu percetakan nasional, dianggap sebagai mitra strategis yang akan membantu mencapai tujuan tersebut. Kerjasama ini diharapkan tidak hanya bermanfaat bagi dosen, tetapi juga kedua lembaga secara keseluruhan. Manfaatnya diharapkan dapat dirasakan baik secara internal maupun eksternal,” ungkapnya.

Prof. Sukardi Weda selaku Wakil Rektor 1 Kalla Institute menyatakan bahwa penulisan ini akan membantu membangun reputasi baik kedua lembaga. Utamanya bagi Kalla Institute yang masih terbilang baru.

“Terima kasih kepada dosen-dosen dari STIE Amkop, Universitas Muslim Indonesia, dan YPUP Makassar atas partisipasinya. Harapannya kegiatan ini dapat menjadi pembelajaran bagi semua peserta. Saya juga mengingatkan bahwa tugas seorang dosen adalah menuliskan apa yang mereka lakukan dan melakukan apa yang mereka tulis,” ujarnya.

Dosen Manajemen Retail, Rahmat Syarif moderator dalam workshop itu, menjelaskan bahwa kegiatan ini didasarkan pada tujuan pengajaran yang ingin dicapai oleh para dosen di Kalla Institute. Selain pengajaran, penulisan juga merupakan hal yang krusial dan harus dilakukan oleh dosen.

Workshop penulisan dan penerbitan buku ajar ber-ISBN ini diharapkan akan menjadi langkah penting dalam meningkatkan mutu dan relevansi bahan ajar di Kalla Institute.

Diharapkan bahwa melalui kemitraan dengan Penerbit Andi, buku-buku yang diterbitkan akan memberikan manfaat yang nyata bagi mahasiswa dan menjadi kontribusi yang berarti dalam dunia pendidikan.(*)


BACA JUGA