DPRD Apresiasi Pemkab Gowa Raih 178 Penghargaan

Selasa, 16 Mei 2023 | 15:34 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM–Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gowa memberikan apresiasi atas keberhasilan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan bersama Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni yang mampu meraih 178 penghargaan tingkat Internasional, Nasional, maupun Provinsi.

Apresiasi dari DPRD Kabupaten Gowa itu disampaikan oleh Juru Bicara Pansus DPRD Kabupaten Gowa, Abd Razak saat berlangsung rapat paripurna penyampaian LKPJ Bupati Gowa Tahun Anggaran 2022 di Kantor DPRD Gowa, Senin (15/5/2023).

Menurut dia, keberhasilan Pemkab Gowa meraih ratusan penghargaan dibawah kepemimpinan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan digambarkan beberapa indikator makro pembangunan daerah.

Diantaranya pada indikator Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Gowa tahun 2022 yang mencapai 70,99 poin meningkatkan 1,00 persen dibandingkan tahun 2021. Pertumbuhan IPM tahun 2022 ini masuk dalam 5 kabupaten kota yang pertumbuhan IPMnya tertinggi di Sulsel.

Tak hanya itu, tingkat pengangguran terbuka yang mengalami penurunan sebesar 0,4% pada tahun 2021 di mana dari 4,30% menjadi 3,26% di tahun 2022 ini pencapaian tersebut melampaui target RPJMD yaitu 5,2% sehingga upaya pemerintah kita memberikan apresiasi terhadap keberhasilan dari pemerintah dalam menurunkan angka pengangguran di Kabupaten Gowa.

Pada angka kemiskinan juga mengalami penurunan, dimana dari 7,54 persen pada tahun 2021, kini menjadi 7,36 persen di tahun 2022.

“Kami berterima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Gowa yang melakukan berbagai upaya dalam membangun Kabupaten Gowa selama ini, capaian-capaian yang ada menunjukkan hal positif, tapi kita terus berharap agar ini bisa terus ditingkatkan melalui rekomendasi yang kita berikan agar masyarakat Gowa lebih sejahtera di masa yang akan datang,” jelasnya.

Menanggapi hal itu, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan rekomendasi berupa catatan strategis ini akan memberikan saran, masukan atau koreksi terhadap penyelenggaraan urusan kewenangan daerah dan tugas selama tahun anggaran 2022, sehingga hasil rekomendasi tersebut akan menjadi bahan perbaikan pada SKPD terkait.

“Rekomendasi ini akan kita susun bersama SKPD penanggung jawab urusan, nantinya saran tersebut akan menjadi bahan pertimbangan dalam mengambil kebijakan, penyusunan program dan kegiatan yang lebih efektif dan efisien,” jelas Adnan.

Pada Rapat Paripurna ini, Bupati Gowa turut didampingi Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni dan dihadiri jajaran Anggota DPRD Gowa dan SKPD, Camat Lingkup Pemkab Gowa.(*)


BACA JUGA