Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo,dok/gomedianews

SYL Serukan Persatuan Demi Ekonomi Asean

Selasa, 08 September 2015 | 12:05 Wita - Editor: Chaerul Fadli -

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.com – Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo bakal mengajukan pembahasan Asean Mayors Forum (AMF) ke Presiden RI Joko Widodo. Hal itu diungkapkan saat membuka AMF di Four Point Hotel by Sheraton, Jl Landak Baru, Selasa (8/9/2015).

“Ini menjadi forum penting untuk Asean. Saya akan laporkan ke presiden untuk ditindak lanjuti,” katanya saat memberikan sambutan.

pt-vale-indonesia

Menurutnya, Indonesia perlu lebih banyak memikirkan persoalan di kawasan Asia Tenggara. “Jumlah penduduk di Indonesia, sekitar separuh dari total penduduk di Asia Tenggara,” jelasnya.

Dalam sambutannya, Syahrul menyerukan agar negara-negara di kawasan Asia Tenggara bisa bersatu dalam segala bidang pada. Terkhusus di bidang ekonomi dalam menghadapi krisis global saat ini.

“Perbedaan regulasi antar negara di Asean bisa kita hadapi dengan apa yang kita lakukan saat ini. Oleh karena itu, ini (AMF) kebutuhan Asean, kebutuhan global,” kata gubernur Sulsel dua periode ini.

Halaman 2

Ia mencotohkan persatuan Uni Eropa dalam sektor ekonomi. Hal tersebut dinilai membuat tingkat perekonomian negara-negara di kawasan Uni Eropa cenderung kuat.

AMF diharap bisa menjawab tuntutan global dengan integrasi antar anggotanya. Dengan begitu, kawasan Asia Tenggara bisa berdampak pada seluruh sektor global, mulai dari sosial, ekonomi, pendidikan, serta regulasi.

“Ekonomi yang baik bisa membuat negara berpendidikan kuat. Untuk itu kita perlu mengaturnya,” katanya. Pengaturan tata ekonomi negara di kawasan Asia Tenggara bukan hanya di sektor perdagangan.

Syahrul mengharapkan ada pengaturan untuk pasar keuangan global. “Kurs dollar kuat dan saat ini tidak ada mata uang di Asia yang bisa menghadapinya,” jelas Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) ini.

Kekuatan regulasi dan ekonomi diharap bisa menjadi bahasan utama dalam pertemuan ini. “Ekonomi yang maju harus didukung dengan hukum yang adil,” papar ketua DPD I Partai Golkar Sulsel ini.


BACA JUGA