Surabi dengan topping keju. (Foto: Iskandar Achmad/gosulsel.com).

Asumsi yang Terpatahkan di Surabi Oma

Selasa, 06 Oktober 2015 | 14:28 Wita - Editor: Nilam Indahsari -

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.com – Serabi atau surabi kadang dianggap jajanan rendahan. Sebab jajan ini biasa dijual dengan harga murah meriah. Ya, murah dan langsung bikin kenyang hanya dengan 1 atau 2 potong saja. Namun, asumsi ini terpatahkan di Surabi Oma.

Di Surabi Oma, perintisnya di tahun 2004, Rheeny Eugine, terus berinovasi. Ia memadukan serabi yang gurih dengan berbagai macam topping. Ada coklat, keju, strawberry, susu coklat, dan masih banyak lagi.

pt-vale-indonesia
Banner Surabi Oma. Usaha ini dirintis sejak tahun 20014. (Foto: Iskandar Achmad/gosulsel.com).

Banner Surabi Oma. Usaha ini dirintis sejak tahun 20014. (Foto: Iskandar Achmad/gosulsel.com).

“Untuk varian rasa, di sini punya banyak varian rasa tapi yang kebanyakan orang pesan itu serabi coklat spesial dan teh susu tarik. Untuk harga per porsinya itu Rp 12 ribu,” urai Rima Machmud, anak pemilik Surabi Oma yang kini jadi pelanjut usaha ini, kepada GoSulsel.com, Senin (05/10).

Soal serabinya sendiri, bahan-bahannya sama saja dengan resep serabi dasar yaitu tepung beras, tepung terigu, santan, gula, dan garam. Namun, topping yang bikin beda, apalagi yang pakai topping mayonaise.

“Untuk bahan olahan yang kita pake di sini itu, untuk adonan dasar sama dengan adonan dasar untuk serabi. Tapi kita juga ada resep rahasia pada campuran mayonaise-nya,” lanjut Rima yang tak ingin buka resep rahasianya.

Halaman 2
Tempat pembakaran Surabi Oma yang masih menggunakan arang. (Foto: Iskandar Achmad/gosulsel.com).

Tempat pembakaran Surabi Oma yang masih menggunakan arang. (Foto: Iskandar Achmad/gosulsel.com).

Cara pembuatan serabi di tempat ini juga masih menggunakan peralatan manual mulai dari cetakan sampai cara pembakaran.

“Untuk cetakan serabi, kita masih gunakan cetakan dari tanah liat dan ini dipesannya di Bandung. Begitu juga dengan cara pembakaran, kami masih menggunakan bara,” ungkap Rima, lagi.

Mau tahu bagaimana rasa serabi yang gurih pakai aneka topping? Datang saja ke Surabi Oma di Jalan Cendrawasih. Anda sudah bisa mencicipinya dari pukul 5 sore hingga pukul 12 malam.


BACA JUGA