Pelatihan Navigasi Darat yang diadakan oleh Pahala Unismuh, Selasa (13/10). (Foto: Syukur Nutu/GoCakrawala)

Pahala Unismuh Latih Anggotanya Navigasi Darat

Selasa, 13 Oktober 2015 | 18:45 Wita - Editor: Nilam Indahsari - Reporter: Syukur Nutu - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar yang jadi anggota Pemerhati Alam dan Lingkungan (Pahala) melakukan latihan pencarian posisi dan menentukan posisi ketika berada di alam terbuka atau gunung.

Teknik menentukan dan mencari posisi yang biasa disebut dengan Navigasi Darat merupakan teknik yang biasa digunakan untuk mencari korban yang tersesat di hutan. Teknik itu juga digunakan untuk mengetahui posisi ketika sedang berada di dalam hutan atau gunung.

Menurut keterangan Sarifuddin, mantan Ketua Pahala Unismuh, saat ditemui di sekretariatnya, untuk memahami teknik navigasi darat itu tak cukup hanya sekadar belajar di atas kertas atau teori. Tapi hal itu harus juga dipraktekkan di lapangan.

“Kita memberikan pembelajaran teori kepada adek-adek. Namun tidak sebatas itu, namun juga dilakukan praktek lapangan. Mereka kita bawa ke gunung kemudian disuruh mencari titik tertentu atau menentukan tempat atau posisinya berada. Teknik ini sangat berguna karena digunakan ketika mencari pendaki yang tersesat di hutan,” ungkap pria yang akrab disapa Beruang itu, Selasa (13/10).


BACA JUGA