ilustrasi/gosulsel.com

November 2015, Jokowi Lepas Ekspor 3 Kali Lipat di Bandara Sultan Hasanuddin

Kamis, 15 Oktober 2015 | 16:30 Wita - Editor: Chaerul Fadli - Reporter: Muhammad Seilessy - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Pelepasan komoditi ekspor pada Program Peningkatan Nilai Ekspor 3 Kali Lipat direncanakan berlangsung di Bandara Sultan Hasanuddin, November tahun ini. Jika tak ada halangan, pelepasan┬ásekitar 30 ton komoditi ekspor asal Sulsel itu dilakukan Presiden Joko Widodo.

“Kami akan berkordinasi dengan pihak Angkasa Pura untuk tempat yang tepat di acara nanti,” ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulsel, Hadi Basalamah di kantornya, Kamis (15/10/2015).

Hadi yang ditemui usai rapat koordinasi bersama Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang menjelaskan, pelapasan sekitar 30 ton komoditi ekspor itu dari sektor perikanan.

“Memang kalau ingin komoditi yang kita ekspor tetap fress sampai pada negara tujuan, kita harus melakukan ekspor lewat jalur udara apalagi komoditi perikanan, memang butuh waktu cepat,” jelasnya.

Peningkatan nilai ekspor dianggap sebagai variabel penting dalam peningkatan ekonomi negara. Untuk itu, kata dia, pemerintah telah mencanangkan dan membentuk mapping (pemetaan) berkomunitas yang sebagai media forum ekspor.

“Jadi forum ekspor itu bagian dari mediator mempresentasekan dan mengkoordinasikan kebijakan dan seluruh aspek peningkatan nilai ekspor,” katanya.