Ilustrasi

PDAM Kota Makassar Kesulitan Atasi Krisis Air di BTP & Sudiang

Kamis, 15 Oktober 2015 | 15:14 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Andi Dahrul Mahfud - GoSulsel.com

Makassar,Gosulsel.com – Musim kemarau berkepanjangan membuat sebagian besar warga Kota Makassar kesulitan mendapatkan air bersih. PDAM Kota Makassar mulai kewalahan mengatasi krisis air bersih melanda di Makassar terutama di wilayah ketinggian seperti BTP dan sudiang.

“Ini terjadi di wilayah BTP dan Sudiang karena kontur tanahnya berada di atas ketinggian sehingga, sulit penyuplai air. Kami juga tidak bisa menjamin air mengalir 24 jam mengingat lokasinya cukup jauh,” kata Humas Dirut PDAM, Idris, ketika ditemui di kantornya, Kamis (15/10/2015).

Idris mengatakan, PDAM Kota Makassar juga kesulitan menjangkau kawasan timur kota karena kerusakan pipa jaringan dari pihak pengolahan dan pipa pendistribusian.

“Sebenarnya, penyebab antara lain terjadinya distribusi air tergaggu mungkin saja ada faktor kebocoran pipa paling dominan, sehingga mempengaruhi stabilitas suplai air di beberapa wilayah”ujarnya.

Dia mengatakan, solusi agar keluar dari kesulitan air bersih ini yakni, merancang pengelolahan air agar dapat menyuplai diberbagai kawasan timur kota.

“Rencana kedepan akan ada pembangunan instalasi pengolahan air yang khusus menyuplai air di kawasan timur kota. Kita nantinya akan mengambil air di sungai tello,” ungkapnya.


BACA JUGA