Logo Pemprov Sulsel
Logo Pemprov Sulsel

Pembebasan Lahan Proyek Instalasi Air di Mamminasata Rampung

Jumat, 16 Oktober 2015 | 16:47 Wita - Editor: Chaerul Fadli - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com – Pembebasan lahan proyek instanlasi pengelolaan air (IPA) Mamminasata rampung. Upaya Pemprov Sulsel menggenjot proyek senilai Rp 1 trilliun ini terus dilakukan. Kendati akan dioperasikan tahun 2017.

Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang mengatakan, hampir semua lahan yang akan digunakan sudah dilunasi. Termasuk penambahan satu titik di dekat Pekuburan Bolangi Samata, Gowa.

“Ini (proyek) untuk menyuplai 3.000-an liter per detik. Pembagiannya, 600 liter air dialirkan ke Makassar, Gowa 200 liter per detik, Maros 130 liter per detik, dan Takalar 70 liter per detik. Lahannya sudah kita bebaskan, termasuk tendernya oleh PT Cipta Karya,” kata Agus, Jumat (16/10/2015).

Sebelumnya sempat terjadi kisruh antara Pemprov Sulsel dan Pemkot Makassar terkait proses pembangunan instalasi. Sebab, terjadi perbedaan pendapat dimana Pemkot menginginkan bekerjasama dengan swasta untuk pembiayaanya.

“Padahal kalau itu yang terjadi, warga yang menderita karena biayanya mahal. Kita sudah luruskan kesalahan ini dan mereka menerimanya. Proyek ini dibiayai oleh APBN karena itu pinjaman yang digunakan tentunya akan dibayar kembali oleh negara,” ujar mantan bupati Sidrap ini.

Tags:

BACA JUGA