Pasar Segar, tempat berdirinya Makasa dulu. (Foto: Andi Dahrul Mahfud/GoSulsel.com)

Makasa, Mal Orang Makassar Jaman Dulu

Minggu, 18 Oktober 2015 | 09:01 Wita - Editor: Nilam Indahsari - Reporter: Andi Dahrul Mahfud - GoSulsel.com

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.com – Mau tahu mal jaman dulu di Makassar? Namanya Makasa Department Store. Makasa adalah mal pertama yang hadir di tengah masyarakat Makassar di tahun ’80an hingga tahun ’90-an.

Sebelum ramainya pengunjung Mal Panakkukang (MP), Makasa adalah salah satu tempat perbelanjaan terbesar saat itu. Lokasinya tepat berada di mana bangunan Pasar Segar berdiri saat ini.

“Sebelumnya muncul MP, Makasa itu mal pertama di Makassar. Kalau tidak salah mulai tahun ’80-an hingga akhirnya berhenti di tahun ’90-an. Karena saat itu mulaimi dibangun MP di tahun 2002,” ujar Zulkarnain, Kepala Bagian Pemasaran Pasar Segar kepada GoSulsel.com, Selasa (13/10).

Sama halnya dengan mal yang sekarang berkembang, Makasa juga banyak menjual berbagai macam peralatan rumah tangga, pakaian, wahana bermain anak-anak, dan resto sebagai tempat beristirahat selagi bersantai bersama keluarga.

Namun, lokasi Makasa saat itu sangatlah tidak strategis, dilihat dari tempat berdirinya. Pusat perbelanjaan di tahun ’90-an itu berada di tengah-tengah antara ruko di Jalan Pengayoman dan Perumahan di Toddopuli 10 kala itu.

Halaman 2

Zulkarnain menjelaskan, setelah Makasa tidak beroperasi lagi setelah terbakar di tahun ’90-an, akhirnya lokasi itu dijadikan sebagai tempat hiburan permainan bowling. Namun, hanya berselang 3 tahun pihak PT Pasar Segar Makassar mengambil alih dan menjadikan sentra penjualan umum pangsa pasar.


BACA JUGA