Pasar Segar, tempat berdirinya Makasa dulu. (Foto: Andi Dahrul Mahfud/GoSulsel.com)

Makasa, Mal Orang Makassar Jaman Dulu

Minggu, 18 Oktober 2015 | 09:01 Wita - Editor: Nilam Indahsari - Reporter: Andi Dahrul Mahfud - GoSulsel.com

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.com – Mau tahu mal jaman dulu di Makassar? Namanya Makasa Department Store. Makasa adalah mal pertama yang hadir di tengah masyarakat Makassar di tahun ’80an hingga tahun ’90-an.

Sebelum ramainya pengunjung Mal Panakkukang (MP), Makasa adalah salah satu tempat perbelanjaan terbesar saat itu. Lokasinya tepat berada di mana bangunan Pasar Segar berdiri saat ini.

pt-vale-indonesia

“Sebelumnya muncul MP, Makasa itu mal pertama di Makassar. Kalau tidak salah mulai tahun ’80-an hingga akhirnya berhenti di tahun ’90-an. Karena saat itu mulaimi dibangun MP di tahun 2002,” ujar Zulkarnain, Kepala Bagian Pemasaran Pasar Segar kepada GoSulsel.com, Selasa (13/10).

Sama halnya dengan mal yang sekarang berkembang, Makasa juga banyak menjual berbagai macam peralatan rumah tangga, pakaian, wahana bermain anak-anak, dan resto sebagai tempat beristirahat selagi bersantai bersama keluarga.

Namun, lokasi Makasa saat itu sangatlah tidak strategis, dilihat dari tempat berdirinya. Pusat perbelanjaan di tahun ’90-an itu berada di tengah-tengah antara ruko di Jalan Pengayoman dan Perumahan di Toddopuli 10 kala itu.

Halaman 2

Zulkarnain menjelaskan, setelah Makasa tidak beroperasi lagi setelah terbakar di tahun ’90-an, akhirnya lokasi itu dijadikan sebagai tempat hiburan permainan bowling. Namun, hanya berselang 3 tahun pihak PT Pasar Segar Makassar mengambil alih dan menjadikan sentra penjualan umum pangsa pasar.


BACA JUGA