Toko Harapan Baru yang terletak di perempatan Jalan Gunung Bawakaraeng dan Gunung Latimojong. (Foto: Andi Dahrul Mahfud/GoSulsel.com)

Harapan Baru, Pirau di Tengah Gemerlap Mal

Senin, 19 Oktober 2015 | 09:02 Wita - Editor: Nilam Indahsari - Reporter: Andi Dahrul Mahfud - GoSulsel.com

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.com – Harapan Baru dulu jadi salah toko fashion favorit di kalangan warga Makassar. Di toko ini, berbagai merek yang muncul di televisi dan majalah anak muda tersedia. Seperti Hani & Roberts, Homyped, Fila, Walrus, Levi’s, Lee Cooper, dan lain-lain.

Toko itu terletak di kawasan yang cukup strategis kala itu yakni di perempatan Jalan Gunung Bawakaraeng dan Jalan Gunung Latimojong. Warga yang tinggal di sepanjang Jalan Latimojong dan sekitarnya sering menjajaki toko yang menjual berbagai macam model pakaian itu.

Hingga sekarang, toko itu masih ada di situ dan memiliki cabang seperti di Mal Ratu Indah. Tapi pengunjung toko yang buka dari pukul 9 pagi hingga pukul 10 malam ini tak seramai dulu lagi.

“Mungkin sekitar tahun ’80-an, karena dulunya, toko Harapan Baru itu masih di lantai 1, belum seperti sekarang ini. Berselang kemudian, ramai hingga akhirnya di tahun 2010 berkurangmi orang yang datang sampai saat ini,” terang Ahmad Haris, Supervisor Harapan Baru pusat kepada GoSulsel.com, Selasa (13/10).

Pengunjung yang berkurang otomatis berpengaruh terhadap jumlah jualan yang disediakan. Bahkan jumlah pakaian terlihat nyaris tak berkurang karena konsumen lebih banyak memilih ke mal berbelanja sambil menghabiskan waktu untuk bersantai.

Halaman 2
Stok pakaian yang dijual di Harapan Baru. Kini, stok ini jarang berkurang karena toko yang sudah tak seramai dulu. (Foto: Andi Dahrul Mahfud/GoSulsel.com)

Stok pakaian yang dijual di Harapan Baru. Kini, stok ini jarang berkurang karena toko yang sudah tak seramai dulu. (Foto: Andi Dahrul Mahfud/GoSulsel.com)

Harga yang disediakan juga cukup rendah dari yang disediakan di mal-mal, seperti Mal Panakukang, Mall Ratu Indah, dan MTos. Harga yang terendah mulai dari Rp 45 ribu hingga Rp 1 jutaan. Ada yang berbahan kaos, jeans, dan sebagainya.

“Padahal di sini lebih murah loh dibanding di mal-mal. Meski tidak pakai diskon, tetap murah dari yang dijual di sana. Mulai dari harga Rp 45 ribu untuk kaosnya hingga Rp 200 ribu. Celana jeans mulai dari Rp 100 ribuan, sampai jutaan. Yah, tergantung dari selera konsumen sih,” tambah Haris yang ditemui di tempat kerjanya.

Namun, di setiap hari raya, Harapan Baru tetap kedatangan banyak konsumen. Mulai dari orang tua hingga anak-anak. Mereka meramaikan toko ini hingga larut malam.


BACA JUGA