kebakaran di hutan gunung Bawakaraeng.

Kebakaran Hutan Bawakaraeng Ancam Pemukiman Penduduk

Rabu, 21 Oktober 2015 | 17:51 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

halaman 1

Makassar, GoSulsel.com- Hingga saat ini kebakaran hutan di lereng gunung Lompobattang dan Bawakaraeng, di perbatasan Sinjai, Bulukumba & Gowa masih terus terjadi. Bukan hanya membakar ratusan Hektare (Ha) lahan, tetapi juga mengancam permukiman warga sekitar.

“Kebakaran hutan di gunung Bawakaraeng hingga kini belum tuntas. Bahkan, mengarah ke wilayah Gowa. Saya berharap pemerintah setempat segera mengatasi kejadian ini. Kami butuh bantuan lebih banyak lagi untuk pemadaman ini, karena kami sendiri kekurangan anggota,” kata Kepala Daerah Operasi Manggala Agni Gowa, Maskur, ketika ditemui di kantornya, Rabu (21/10/2015).

Maskur mengatakan, kebakaran hutan yang mengarah ke Bulukumba sudah bisa dikendalikan oleh tim gabungan dari MA Daops Gowa, Polisi Hutan Dishut Bulukumba, BPBD Bulukumba dan aparat TNI setempat.

Halaman 2

“Meski petugas hanya menggunakan alat seadanya namun bisa menjinakkan api yang mengarah ke Kecamatan Kindang, Bulukumba,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, terkait luas hutan yang terbakar, sampai saat ini, pihak Manggala Agni yang merupakan satuan khusus penanganan kebakaran hutan dibawah kendali Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sulsel masih melalukan perhitungan.

“Jelas sudah puluhan hektar yang terbakar. Mudah-mudahan secepatnya bisa kita atasi sebelum sampai ke pemukiman warga,” tambah Maskur.