Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Gowa, Adnan-Karaeng Kio (AdnanKio). (Foto: Dok. Tim AdnanKio).
#

Dari 5 Pasangan, Hanya AdnanKio Ingin Lanjutkan Program SKTB

Minggu, 25 Oktober 2015 | 11:12 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Citizen Reporter

Halaman 1
 
Gowa,GoSulsel – Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Gowa nomor urut 5, Adnan Purichta Ichsan-Abd Rauf Kr Kio, memastikan akan melanjutkan program-program pendidikan pemerintahan sebelumnya dibawah kendali Ichsan Yasin Limpo. Salah satunya adalah Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan (SKTB).
 
Hal ini bahkan ditegaskan Adnan saat menjawab pertanyaan dari pasangan nomor urut 1, Andi Maddusila Andi Idjo-Wahyu Permana Kaharuddin, di debat yang digelar di Hotel Sheraton Makassar, kemarin, Sabtu (24/10). Menurut Adnan, SKTB adalah program yang sudah diakui keberhasilannya secara nasional, sehingga harus dilanjutkan.
 
“Pada ujian nasional tahun ini misalnya, pemerintah pusat bahkan sudah memberlakukan sistem ini dengan tidak adanya siswa yang tidak lulus ujian. Ini murni awalnya dari Gowa. Jika pemerintah pusat saja mengakui keunggulan dari program ini, apa alasan kita yang rasional untuk menghapusnya,” ujarnya, Minggu (25/10).
Halaman 2
 
Terkait pernyataan calon lain, seperti Andi Maddusila serta calon wakil bupati nomor 2, Anwar Usman, jika program ini sama saja pembodohan, Adnan mengaku tidak setuju dengan pandangan tersebut. “Program ini jelas. Siswa ketika naik kelas, sementara ada mata pelajaran yang belum dilulusi pada kelas sebelumnya, itu akan tetap diulang pada kelas selanjutnya. Sistem ini sangat jelas muaranya, yakni pembehanan SDM Gowa,” ungkapnya.
 
Sebelumnya, Maddusila dan Anwar Usman, menyebut SKTB sebagai program yang tidak adil. Pasalnya, menurut mereka, siswa yang bodoh tetap naik kelas. Menyikapi hal itu, Adnan menyebut, jika pada dasarnya manusia tidak ada yang diciptakan bodoh.
 
“Masalahnya adalah, ada yang cepat memahami pelajarannya, ada yang lambat. Makanya tetap ada pengulangan saat naik kelas,” jelasnya.
 
Dari lima padangan calon pada debat itu sendiri, hanya paket nomor 5, yang memastikan akan melanjutkan program SKTB ini. Sementara nomor 1, 2 dan 4 sudah mengeluarkan isyarat akan menghapusnya.
 
Citizen Reporter: Tim Media AdnanKio