Ilustrasi

Teknik Sipil Unhas Gelar Lomba Pelindung Pantai Multifungsi Antar Mahasiswa se Indonesia

Senin, 26 Oktober 2015 | 16:30 Wita - Editor: Baharuddin -

Halaman 1

Makassar,GoSulsel.com – Himpunan Mahasiswa Prodi Studi Tehnik Sipil (HMPSTS) Unhas menggelar lomba pelindung pantai multifungsi antar kampus se Indonesia. Ini dilakukan untuk pengembangan wawasan dan inovasi mahasiswa teknik sipil.

“Beberapa Perguruan Tinggi (PT) ikut dalam lomba ini diantaranya, Universitas Sumatra Utara, ITB Bandung, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Gadjah Mada, Universitas Palangka Raya, “Ketua Prodi Tehnik Sipil UNHAS, Muh. Arsyad Thaha, ketika ditemui di Aula Fakultas Teknik Unhas Gowa, Senin (26/10/2015).

Arsyad Thaha mengatakan, kegiatan ini betujuan untuk pengembangan wawasan, inovasi mahasiswa teknik sipil. “Lomba antar mahasiswa mendapatkan melatihan mahasiswa berpikir kreatif inovatif untuk menemukan solusiĀ  dalam berbagai permasalahan Infrastruktur Kemaritiman,” tuturnya.

Halaman 2

Masalah seperti Reklamasi Pantai yang berjalan belum baik sehingga dikhawatirkan menimbulkan dampak negatif seperti banyaknya material yang hanyut, sehingga terjadi pendangkalan perairan dan bila ini terus berlangsung maka akan mengancam ekosistem pantai.

Ketua HMPSTS Unhas, Iwan Setiawan mengatakan, kegiatan ini dihadiri oleh mehasiswa D3, D4 dan S1 Tehnik Sipil dari berbagai kampus di Indonesia.

“Ini merupakan satu-satunya Seminar dan lomba Teknik sipil yang membahas mengenai Kemaritiman. Ada 2 lomba yang akan diikuti 11 Universitas dan Institusi se Indonesia yaitu lomba Karaya tulis Ilmiah Reklamasi Pantai dan Lomba Pelindung Pantai Multifunsi,” ungkapnya.

Selain Lomba, ada juga kuliah umum, pelatihan nasional genesis, dan seminar nasionalĀ  bertema” Prospek dan Tantangan Infrastruktur Kemaritiman Indonesia Dalam Persangan Dunia.”

Reporter: Amiruddin Taba – Go Cakrawala


BACA JUGA