Indah Jaya, toko buku pertama di Makassar. Toko ini terletak di Jalan Laiya. (Foto: Andi Dahrul Mahfud/GoSulsel.com)

Berburu Buku Tempo Doeloe di Toko Indah Jaya

Selasa, 27 Oktober 2015 | 11:58 Wita - Editor: Nilam Indahsari - Reporter: Andi Dahrul Mahfud - GoSulsel.com

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.com – Jika mencari buku-buku tempo doeloe, di Jalan Laiya terdapat toko buku yang pertama di Makassar. Di jalan itu, Anda bisa menjumpainya di seberang jalan sebelah kiri yang bertuliskan Indah Jaya berwarna merah berkilau. Konsep bangunan dan isinya tak biasa dijumpai di masa kini.

Toko buku ini didirikan tahun 1967 oleh seorang warga Tionghoa. Lelaki itu biasa dipanggil oleh warga sekitar dengan sebutan Ko Ole. Ko Ole waktu itu tinggal bersama istri dan anaknya. Mereka menjual aneka macam buku cerita anak-anak.

“Kalau tidak salah, sekitar tahun 1967 awal didirikan tokonya karena saya masih ingat di tahun 70-an saya sempat mengantar anak-anaknya pergi ke sekolah. Dan saat itu sudah menjual buku memang,” kenang Ridwan, warga Jalan Laiya, kepada GoSulsel.com, Senin (26/10/2015).

Karena jumlah buku yang tersususn dalam rak telah banyak, akhirnya Ko Ole menjadikan ruko itu sebagai tempat jual beli hingga saat ini. Sayangnya, GoSulsel.com tak bisa bertemu langsung oleh pemiliknya. Ditanya soal di mana lokasi Ko Ole sekarang bermukim, karyawan itu enggan memberi tahu.

Sebagai toko buku yang paling lama di Makassar, Indah Jaya masih menyimpan banyak buku tua yang sudah usang dan berdebu di rak display lantai 2. Buku-buku itu antara lain buku akademik tahun 70-an hingga 80-an yang dipajang di sebelah kiri. Ada juga kumpulan komik tua Jepang dan novel Amerika. Di sebelah kanan tersaji kumpulan berbagai novel dan buku akademik taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi.

Halaman 2
Tumpukan buku-buku tua di Toko Indah Jaya. (Foto: Andi Dahrul Mahfud/GoSulsel.com)

Tumpukan buku-buku tua di Toko Indah Jaya. (Foto: Andi Dahrul Mahfud/GoSulsel.com)

“Harga buku di sini tentunya cukup murah dan terjangkau. Mau cari buku cerita tua juga ada di sini. Siapa tau ada kenangan di sana…hahaha. Ada juga buku pelajaran dan komik. Mulai dari harga Rp 15 ribu hingga Rp 700 ribu seperti novel dalam satu paket,” jelas Irwan, karyawan Toko Indah Jaya, sambil tertawa.

GoSulsel.com memantau kurangnya pelanggan membuat buku di toko itu berdebu dan usang.

“Banyaknya anak muda sekarang lebih memilih membeli buku di mal-mal yang tentunya lebih mahal dan 2 kali lipat dari harga yang ada di sini,” ungkap salah seorang karyawan kepada GoSulsel.com.

Toko yang booming di era 70an ini selain menjual buku di latai 2, di lantai dasar “Indah jaya” menjajal berbagi macam kebutuhan anak sekolah seperti tas, alat tulis ,menulis, boneka,dan berbagai perlengkapan lainnya.