Ritual adat Apparu Paturangi yang disuguhkan dalam Festival Sanrobengi. (Foto: Andi Dahrul Mahfud/GoSulsel.com)
#

Ritual Apparu Paturangi Warnai Festival Sanrobengi

Sabtu, 31 Oktober 2015 | 11:56 Wita - Editor: Nilam Indahsari - Reporter: Andi Dahrul Mahfud - GoSulsel.com

Halaman 1

Takalar, GoSulsel.com – Tradisi adat Apparu Paturangi merupakan ritual adat di Pulau Sanrobengi, Kabupaten Takalar. Ritual ini merupakan agenda tahunan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Takalar melalui Dinas Pariwisata.

“Yah, acara ini kita lakukan untuk menghidupkan budaya Takalar. Meski baru 2 tahun berjalan festival ini, kita berharap tetap melakukan ini secara permanen,” ujar, H Abbas Tola, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten, Sabtu, (31/10/2015).

Tradisi adat ini menceritakan tugas seorang istri sambil membawa berbagai sesajen seperti ayam kampung, nasi merah, pisang, telur, dan lain-lain untuk dilepaskan di laut sebelum para suami (nelayan) melaut.

“Ritualnya juga ini untuk melepas suami melaut. Karena kita percaya kalau ada laut itu lebih banyak makhluk gaibnya ketimbang di darat. Jadi ritualnya itu semacam mattabe’ (minta izin lewat),” ujar Kaharudin, budayawan Takalar.



Halaman 2

Acara ritual adat ini dilakoni oleh 70 orang yang masing-masing di antaranya anak sekolah SMA 1 Takalar, Sanggar Seni Gembok Takalar, dan orang tua dari warga setempat.

Sesi acara di hari kedua ini dimeriahkan dengan berbagai lomba seperti tarik tambang perahu dan lomba balap perahu yang dilaksanakan dari pukul 3 sore hingga selesai.

Berikut foto-foto ritual adat Apparu Paturangi yang lain:

Halaman 3

Ritual adat Apparu Paturangi

Halaman 4

Ritual adat Apparu Paturangi