Logo Pemprov Sulsel
Logo Pemprov Sulsel

Tahun Depan Sulsel Pasok Sapi ke Jakarta

Senin, 16 November 2015 | 20:19 Wita - Editor: Muhammad Seilessy - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com – Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sulsel, Abdul Azis mengatakan pihaknya telah melakukan kerjasama dengan pemerintah provinsi DKI Jakarta. Kerjasama yang tertuang dalam MoU tersebut dimaksudkan pengiriman sapi sebagai stock daging bagi Ibukota Negara.

“Kita bersama empat provinsi lainnya akan memasok kebutuhan stok daging ke Jakarta. Pengiriman pertama akan kita angkut 500 ekor menggunakan kapal ternak,” kata Abdul Azis, saat ditemui di Kantor DPRD, Senin (16/11/2015).

Lebih jauh, Abdul menjelaskan selama ini pihaknya telah mengirimkan 30.000 ekor sapi untuk memenuhi kebutuhan Nasional, utamanya Kawasan Timur Indonesia. Jumlah tersebut merupakan surplus dari stock sapi siap potong 50.000 ekor yang dimiliki Sulsel.

Untuk memenuhi kebutuhan daging, saat ini Dinas Peternakan Provinsi bersama kabupaten/kota mulai melakukan inventarisasi jumlah sapi yang ada di pedagang dan peternak.

“Tapi kita masih akan melakukan penjajakan lebih jauh. Jangan sampai harga yang mereka tawarkan tak sesuai dengan harga yang ada di pasaran kita. Pemerintah pusat telah menyiapkan kapal ternak untuk mengurangi biaya pengiriman,” ucap Abdul Azis. (*)

 


BACA JUGA