Logo OJK

OJK dan Panin Syariah Hadirkan Simpel di Makassar

Selasa, 17 November 2015 | 20:21 Wita - Editor: Nilam Indahsari - Reporter: Sutriani Nina - Go Cakrawala

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bekerja sama dengan Bank Panin Syariah megeluarkan program yang bernama Simpel. Program ini diluncurkan demi mendukung program Presiden RI yang ingin meningkatkan akses keuangan bagi masyarakat.

“Dari situlah, tentunya masing-masing instansi berusaha bagaimana mewujudkannya. OJK lalu membuat program bagaimana meningkatkan pemahaman dan bagaimana meningkatkan akses keuangan,” kata Ditektur pengawasan Bank OJK Sulampua, Untung Nugroho, saat press conference di Hotel Grand Clarion Makassar, Selasa (17/11/2015).

Ia melanjutkan, program Simpel terbagi atas 2 yakni Tabungan Simpel Konvensional dan Simpel IB (Syariah).

Pihaknya mengakui, hal itu efektif untuk mendukung program pemerintah. Karena dengan Simpel, akan banyak pelajar yang disasar. Mulai dari tingkat PAUD hingga SMA/sederajat.

“Rata-rata pelajar sekarang sudah pegang uang, baik itu untuk bayar angkot (angkutan kota), jajan, bahkan untuk uang pulsa. Nah, kenapa tidak ditabung saja ini uang pulsa,” lanjut Untung.

Halaman 2

Untuk pengaplikasiannya, siswa bisa membuka rekening awal dengan Saldo Rp 5 ribu bagi Simpel umum dan Rp 1 ribu untuk Simpel Syariah dan bebas biaya administrasi.

Pihaknya melanjutkan, untuk program itu sudah ada 20 bank yang mendaftar. Tak hanya untuk bank konvensional, namun Bank Syariah dan BPR juga bisa seperti Hasamitra.

“Semua bank bisa mendaftar menjadi peserta simpel. Setelah mendaftar, akan ada fitur yang diberikan dan semua bank harus mematuhi. Misalnya, semua nama program harus Simpel. Contohnya BRI Simpel,” terang Untung.

Bukan hanya fitur yang ditentukan, ada pula fitur yang opsional.

Halaman 3

“Untuk fitur opsional, setiap bank bisa memberikan jenis atau desain buku berbeda-beda,” tuturnya.

Untuk pengimplementasian di Makassar, Bank Panin Syariah akan menjadi host di antara bank yang lain. Ia juga akan melaksanakan relaunching,  Rabu (25/11/2015) mendatang, di hotel Grand City Makassar.(*)


BACA JUGA