Ding Dong, Time Zone, Mal Panakkukang, Permainan Makassar, Permainan di Makassar
Permainan virtual dengan menggunakan metode ding dong di Time Zone Mal Panakkukang. (Foto: Andi Dahrul Mahfud/GoSulsel.com)

Ding Dong, Permainan Jadul Yang Masih Bertahan di Makassar

Sabtu, 21 November 2015 | 17:05 Wita - Editor: Nilam Indahsari - Reporter: Andi Dahrul Mahfud - GoSulsel.com

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.com – Di era 1980an, game ding dong merupakan salah satu permainan anak-anak jaman dulu (jadul) yang paling top di masanya. Cara mainnya cukup unik yakni dengan menggunakan koin.

Salah seorang pengunjung permainan ini yang dijumpai di Mal Panakkukang, membagi
kenangannya.

pt-vale-indonesia

“Saya masih ingat waktu masih muda, belum berkeluarga. Dulu itu ada namanya tempat wahana Odede, dekat sentral (Pasar Sentral) kalau tidak salah. Tapi sebelumnya itu ada juga di bagian Makassar Utara, saya lupa nama jalannya. Yang jelas, tempatnya Jameson’s itu. Dulu di sana paling top permainan begituan,” kisah Lukman saat ditemui bersama anaknya bermain game di Mal Panakkukang Makassar kepada GoSulsel.com, Minggu (21/11/2015).

Lukman juga mengatakan, di tahun ’80-an hingga ’90-an, ding dong bisa kita jumpai bahkan di tiap kompleks. Permainan ini cukup jadi permainan favorit selama libur sekolah.

“Dulunya banyak sekali di kompleks itu begituan karena ponakan saya dulu setiap pulang sekolah, pasti mampir di sana. Dulu itu ada di Toddopuli 7, kebetulan saya dulu tinggalnya di sana sama orang tua. Jadi setiap magrib saya sudah disuruh sama kakak untuk jemput ponakan yang lagi main game,” tambahnya.

Halaman 2

Untuk saat ini, permainan itu sudah sangat sulit untuk dijumpai. Sebabnya banyak muncul permainan yang lebih seru dan bisa dinikmati di rumah sendiri, seperti play station, xbox, game online, dan lain-lain.

Namun bagi para penggemar permainan itu, tak usah khawatir. Karena masih ada tempat bagi pengunjung untuk memainkan permainan itu. Salah satunya Time Zone di beberapa mal Makassar.

Iye’, sejauh ini sih selama saya di sini masih banyakji yang datang. Biasanya waktu liburpi sama orang tuanya mungkin sambil liburan juga,” ujar Nur, salah seorang karyawan Time Zone.

Cara mainnya pun cukup sederhana dan terbilang murah. Cukup dengan merogoh Rp 1,5 ribu untuk tiap koinnya, lalu cukup masukkan ke dalam lubang persegi panjang untuk memulai permainan yang Anda inginkan.

Halaman 3

“Saya kurang tau kapan ini dibuka. Yang jelasnya, memang penerapan ding dong begini. Bahkan setiap daerah di Indonesia game Time Zone selalu memberikan sarana permainan klasik seperti halnya ding dong. Cobami kita lihat semua permainan, semua pasti begitu toh,” ujar salah seorang kerabat Nur, yang merupakan karyawan Time Zone juga.

Di Time Zone, tersedia berbagai macam permaian action, fisik, dan virtual yang menggunakan metode ding dong. Anak-anak pun bisa memainkan permainan sama seperti permainan yang ngetren di jaman orang tuanya masih kecil.(*)