Logo Pemprov Sulsel
Logo Pemprov Sulsel

Dorong Pertumbuhan Ekonomi, APBD Sulsel Fokus di Infrastruktur

Selasa, 01 Desember 2015 | 10:11 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.com– 3 Sektor akan mendapat kucuran dana lebih dalam Rancangan Anggaran Penerimaan dan Belanja Daerah (RAPBD) Pemprov Sulsel, yaitu Infrastruktur, Pendidikan dan Kesehatan. Berdasarkan rapat terakhir, antara pemprov dengan DPRD, 3 Sektor ini menjadi fokus utama pembelanjaan tahun depan.

Kepala Biro Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD), Agustinus Appang mengatakan total anggaran pendapatan yang direncanakan tahun depan sekitar 6,8 trilliun dan belanja 6,7 trilliun. Tak hanya itu, jumlah dana perimbangan Sulsel tahun depan juga akan naik menjadi 2,1 trilliun.

“Fokus kita ditahun depan masih di infrastruktur untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, sehingga dua dinas mendapatkan anggaran paling abnyak yaitu Bina Marga dan PSDA. Sektor lainnya, yang tetap menjadi perhatian utama kita ada pendidikan dan kesehatan,” kata Agustinus saat ditemui di ruangannya, Selasa (1/12/2015).

Halaman 2

Lebih jauh, Agustinus menjelaskan sampai tadi malam pembahasan tentang APBD 2016 masih terus dilakukan bersama anggota dewan. Pihaknya menargetkan hari ini semuanya sudah rampung, untuk segera dikirim ke Kementerian Dalam Negeri untuk dilakukan evaluasi.

“Hari ini mungkin staf saya sudah membawanya ke Jakarta, maksimal 15 hari akan dilakukan evaluasi. Setelah itu akan kita rapatkan kembali untuk memutuskan APBD tahun 2016. Terkait dana wisma negara, masih ada dalam pembahasan di dinas terkait, kiat tunggu petunjuk dari Mendagri,” ucapnya.