Jelang Akhir Tahun, Sektor Pariwisata Diprediksi Meningkat

Selasa, 01 Desember 2015 | 18:06 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Sutriani Nina - Go Cakrawala

Halaman 1

Makassar,GoSulsel.com – Jelang tahun baru 2016, pihak Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) Sulawesi Selatan, optimis wisatawan bisa tumbuh dengan melakukan berbagai upaya. Sample dengan melakukan promosi, sosialisasi destinasi dan termasuk menyelenggarakan banyak event-event yang memang rutin dilaksanakan tiap tahun.

Hal itu diungkapkan Ketua Asita Sulsel, Didi Leonardo Manaba saat dikonfirmasi via seluler, Selasa (1/12/2015).

Ia mengungkapkan, berbagai upaya telah dilakukan untuk menggenjot parisiwata seperti event CTM, Lovely Toraja, Festival Danau Matano dan lain-lain. “Kita harapkan memang krisis ekonomi dunia mulai membaik sehingga minat wisatawan luar semakin banyak,” katanya.

Pihaknya mengakui, berbagai kejadian seperti tragedi yang melanda Paris juga dinilai merugikan. Tetapi, pihaknya berharap kondisi Pariwisata akan lebih baik dengan konsistensi promosi. Ia memprediksi kondisi Pariwisata lokal cukup meningkat jelang akhir tahun. Namun semua kembali kepada tingkat kemampuan (daya beli) masyarakat.

Halaman 2

“Kalau saya melihat lumayan ada harapan, walaupun kebutuhan masyarakat untuk berwisata memang banyak, paket akhir tahun sudah kita antisipasi, pada akhirnya kita kembali melihat budget dan kekuatan ekonomi untuk membeli paket tersebut,” terang Didi.

Dia juga menilai pertumbuhan pariwisata ada peningkatkan cukup baik.Ada peningkatan sekitar 10-15 persen. Sementara itu, pihak maskapai sendiri mengakui belum melihat peningkatan wisatawan yang terjadi hingga hari ini.

“Sampai hari ini belum terlihat karena baru awal bulan,” kata Vice President East Indonesia Region IV PT Garuda Indonesia, Rosyinah Manaf

“Untuk bulan Desember sudah banyak terjual. Peningkataan akan kita lihat pada hari H, saya bisa memprediksi peningkatan akan terjadi sekitar 15 persen di penghujung tahun,” ujarnya Rosyinah.