Penyandang Disabilitas, Festival Seni Diabilitas, UNM
Para peserta Festival Seni Disabilitas. (Foto: Andi Dahrul Mahfud/GoSulsel.com)

Sambut Hari Disabilitas Internasional, Mahasiswa UNM Gelar Festival Disabilitas di Pettarani

Selasa, 01 Desember 2015 | 11:38 Wita - Editor: Nilam Indahsari - Reporter: Andi Dahrul Mahfud - GoSulsel.com

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.com – Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sekolah Luar Biasa (SLB) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan kegiatan Seni Musik dan Budaya di area Kampus UNM, Jl AP Pettarani. Kegiatan ini diselenggarakan guna menyambut Hari Disabilitas Internasional pada 3 Desember.

“Acara ini untuk memperingati Hari Disabilitas yang jatuh pada tanggal 3 Desember 2015 nantinya. Tanggal 1-2 itu kita adakan perlombaan, dimana perlombaan itu berhubungan dengan seni dan budaya tentunya,” ujar Muhammad Marzubhan selaku ketua panitia kepada GoSulsel.com, Selasa (31/12/2015).

Pada acara itu, sejumlah peserta dari berbagai SLB mengasah dan menunjukkan kemampuannya dalam berseni seperti lomba fashion show, musik, serta banyak lagi.

“Pada hari ini sampai besok, kita akan akan menyemarakkan acara ini dengan berbagai perlombaan seperti fashion show, bermain musik, dan banyak lagi. Acara ini cuma 2 hari saja, besok sore akan ada pengumuman perlombaan dari yang dipertandingkan. Tanggal 3-nya, kita akan pawai keliling kota Makassar di berbagai titik yang dianggap ramai sambil orasi mengenai Hari Disabilitas Nasional,” tambahnya.

Peserta yang hadir terdiri dari 20 peserta yang mewakili setiap SLB-nya dalam ajang bakat itu. Serta menurut Marzubhan, ada 20 lebih sekolah akan hadir dalam acara kali ini.

Halaman 2

“Yah, kami mengundang ada 20 lebih sekolah. Namun untuk saat ini yang registrasi baru 18 sekolah. Setiap sekolah hanya boleh diwakili oleh 20 peserta setiap sekolahnya,” katanya di sela-sela kegiatan.

Adapun acara disabilitas kali ini dihadiri oleh Rektor UNM, Prof Arismunandar, serta Asiten 2 Bidang Ekonomi Pembangunan Pemerintah Kota Makassar, Irwan N Adnan. Juga berbagai mahasiswa dari seluruh fakultas ikut meramaikan acara di pelataran Kampus UNM.

Menurut Marzubhan, tujuan dari acara ini merupakan simbol kepedulian mahasiswa Jurusan Pendidikan UNM pada penyandang disabilitas.

“Kami membuat acara ini bahwa kita dan mereka itu sama dan memiliki kelebihan. Mereka juga perlu didukung untuk menggapai keinginannya,” pungkas Marzubhan.

Berikut foto-fotonya:

Halaman 3

festival disabilitas UNM 1

Halaman 4

Penyandang Disabilitas, Festival Seni Diabilitas, UNM

 

Halaman 5

Penyandang Disabilitas, Festival Seni Diabilitas, UNM(*)