Penyandang Disabilitas, Daur Ulang Limbah, Hari Disabilitas Internasional, Ulfa Said, UNM
Ulfa Said. (Foto: Evi Novitasari/GoCakrawala)

Ulfa Said, Penyandang Disabilitas yang Tetap Berkarya

Selasa, 01 Desember 2015 | 14:47 Wita - Editor: Nilam Indahsari - Reporter: Evi Novitasari - Go Cakrawala

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.com – Ulfa Said (22), siswa kelas 3 SMA Sekolah Luar Biasa Negeri Makassar, tampil beda pada pembukaan Festival Seni Disabilitas dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional. Kegiatan bertema “Keterbatasan Bukan Halangan Untuk Kami Berkarya” ini terselenggara di Pelataran Gedung Phinisi Universitas Negeri Makassar (UNM), Selasa-Kamis (01-13/12/2015).

Menurut Athira Muktar, guru pendamping Ulfa, sejak masih Sekolah Dasar (SD), Ulfa telah banyak mengikuti berbagai lomba di bidang seni, seperti melukis hingga tingkat nasional, tata rias, dan fashion show.

“Ulfa sudah sering ikut lomba-lomba tata rias, fashion show. Dia sangat berbakat, pandai menggambar bahkan sampe ke Jakarta waktu masih SD,” ujar Athira, saat dijumpai di lokasi kegiatan.



Dengan keterbatasannya sebagai anak yang berkebutuhan khusus, Ulfa tak dapat berbicara secara verbal atau menggunakan kata-kata. Namun itu semua tak membatasinya untuk terus mengembangkan kemampuannya di bidang seni.

Halaman 2

Kali ini Ulfa mendesain sendiri kostum dengan bahan baku koran dan limbah minuman kemasan. Semua itu disulap Ulfa jadi kostum yang indah dan memukau. Tak hanya itu, Ulfa pula merias wajahnya sendiri.



“Untuk kostum ini dirancang sendiri oleh Ulfa selama 4 hari terakhir sebelum acara ini. Dia juga make-up sendiri,” jelas Athira.(*)