Aliansi Jurnalis Independen (AJI)

AJI Makassar: Polda Sulselbar Tak Pernah Serius Tangani Kekerasan Jurnalis

Kamis, 03 Desember 2015 | 08:43 Wita - Editor: Chaerul Fadli -

Makassar, GoSulsel.com – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Makassar menilai Kepolisian Daerah (Polda) Sulselbar belum pernah serius menangani kasus kekerasan terhadap wartawan.

“Kasus kekerasan yang dilakukan polisi terhadap jurnalis sudah sering terjadi. Selama itu pula, tidak pernah ada tindakan serius dari Polda untuk tegas menindak anggotanya,” ujar Ketua AJI Makassar, Gunawan Mashar kepada GoSulsel.com, Kamis (3/11/2015).

Menurut Gunawan, setiap ada kekerasan jurnalis yang dilakukan polisi, pimpinan kepolisian hanya respon di awal peristiwa dan di permukaan saja. Namun pada proses hukum, tumpul.

“Contohnya, tidak ada pelaku kekerasan yang ditindak tegas. Kasus kekerasan polisi terhadap sejumlah wartawan saat liputan ricuh di UNM pada tahun 2014 kemarin saja mandek. Padahal di awal-awal mereka janji untuk menyelesaikan,” jelasnya.

Gunawan berharap Polda punya niat dan upaya untuk menindak tegas anggotanya yang melakukan kekerasan terhadap jurnalis. Sebab, kata dia, kerja-kerja jurnalis dilindungi dalam Undang-undang nomor 40 tahun 1999.(*)

Tags:

BACA JUGA