Walikota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto bentuk Tim Reaksi Cepat (TRC).

BPBD Anggarkan TRC Rp400 Juta Setiap Tahun

Kamis, 03 Desember 2015 | 15:32 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Evi Novitasari - Go Cakrawala

Makassar,GoSulsel.com –  Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, menganggarkan perekrutan Tim Reaksi Cepat (TRC) sebesar Ro400 juta per tahun. TRC ini beranggotakan sebanyak 280 relawan.

“TRC ini dibentuk untuk membantu masyarakat jika terjadi bencana alam, seperti banjir, angin puting beliung & kebakaran,” kata Walikota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, ketika meresmikan TRC ini di Hotel Dinasti, Makassar, Kamis (3/12/2015).

Bagian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Kabag BPBD) Syahruddin AR mengatakan, anggaran Rp400 juta per tahun ini, mulai dari perekrutan anggota, pelatihan hingga ke anggaran operasional TRC.

“Anggarannya untuk TRC ini, 400 juta pertahun. Sedikit memang bencana kan juga tidak terjadi terus. Dana itu kita gunakan untuk transportasi dan kebutuh lainnya. Karena para anggota TRC kan mereka rela meninggalkan profesi utamanya,” ujarnya.

Dia mengatakan, para relawan ini berasal dari kalangan masyarakat yang berasal dari 14 Kecamatan. Tim ini direkrut mereka harus pandai berenang, mereka ini sudah profesional sudah terbiasa terlibat dengan kami. Kami juga bekerjasama dengan kampus-kampus seperti Unhas, Unismuh, 45 dan dompet duafa serta organisasi lainnya untuk penanggulangan bencana,”tambahnya.


BACA JUGA